Strategis, PKB Banjir Pendaftar – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Strategis, PKB Banjir Pendaftar

ILUSTRASI;MARTEN LADO / TIMEX

 Litelnoni, Titu Eki, Medah Serentak Mendaftar

KUPANG, TIMEX-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) NTT kebanjiran pendaftar untuk hajatan Pemilihan Gubernur (Pilgub NTT) 2018. Lima kursi di DPRD NTT menjadikan posisi PKB strategis untuk diajak berkoalisi.

Tercatat hingga Rabu (17/5) kemarin atau sehari sebelum penutupan pendaftaran, terdapat enam bakal calon gubernur (Bacagub) dan dua bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) NTT mendaftarkan diri di PKB NTT. Figur yang mendaftar sebagai Bacagub NTT yakni Hyronimus Fernandes, Frits Djubida, Benny K. Harman, Benny Litelnoni, Ayub Titu Eki dan Ibrahim Medah. Dua Bacawagub yang mendaftar yakni Mikhael Umbu Zasa dan Noviyanto Umbu Lende.

Benny Litelnoni, Ayub Titu Eki dan Ibrahim Medah baru mendaftarkan diri Rabu (17/5). Ketiganya mendaftar secara berurutan. Benny Litelnoni mendaftar pukul 11:00 Wita disusul Ayub Titu Eki mendaftar pada pukul 13:00 Wita, dan Ibrahim Medah mendaftar pada pukul 16:00 Wita.

Pantauan koran ini, Benny Litelnoni saat mendaftar didampingi sejumlah anggota tim pemenangan. Mereka diterima Sekretaris DPW PKB NTT, Aloysius Malo Madi didampingi Ketua LPP dan Desk Pilkada, Andre Jemalu dan sejumlah pengurus DPW PKB NTT. Benny Litelnoni yang juga Wagub NTT saat ini tidak berlama-lama karena ada tugas dinas.
Benny Litelnoni dalam sambutannya mengemukakan, dirinya baru mendaftarkan diri sebagai Bacagub NTT di PKB. “Kami baru pertama daftar di PKB. Terima kasih karena PKB menerima pendaftaran kami,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan mengikuti proses sesuai dengan mekanisme yang berlaku di PKB. Sebab setiap partai memiliki mekanisme sendiri. Terkait dengan koalisi, pihaknya terus membangun koalisi agar bisa bersama PKB membentuk satu poros koalisi untuk mengusung dirinya.

Untuk Bacawagub, urai dia, pihaknya sudah mengkomunikasikan dengan sejumlah nama. Namun, hal itu masih akan disesuaikan dengan partai-partai koalisi.
Sekretaris DPW PKB NTT, Aloysius Malo Madi pada kesempatan itu mengemukakan, pihaknya akan menyeleksi semua administrasi yang dimasukan semua bakal calon yang mendaftar. Jika ada kekurangan, pihaknya akan mengkomunikasikan dengan tim maupun kandidat. Setelah pendaftaran, pihaknya akan menyampaikan nama-nama yang mendaftar di hadapan peserta Musyawarah Kebangkitan yang digelar 21 Mei 2017 di Kupang. “Semua untuk mendapat masukan dari semua peserta musyawarah,” jelas Malo Dadi.

Kemudian, lanjutnya, nama-nama akan diserahkan ke DPP PKB untuk dilanjutkan dengan fit and proper test. Dan pada akhirnya ditetapkan calon gubernur dan calon Wagub yang diusung oleh PKB dalam Pilgub NTT tahun 2018.

Sementara itu, Ayub Titu Eki bersama belasan tim mendatangi PKB sekira pukul 13:00 Wita. Ayub dan timnya membawa tempat sirih dan diserahkan kepada pengurus PKB. Ayub dalam sambutannya usai menyerahkan berkas dokumen kepada pengurus LPP dan Desk PKB NTT mengutarakan, dirinya telah mendaftarkan diri ke PDIP beberapa waktu lalu sebagai Bacagub NTT. Karena PDIP masih kekurangan tiga kursi, maka dirinya kembali mendaftar di PKB. Jika PDIP dan PKB bisa berkoalisi maka sudah bisa memenuhi syarat pendaftaran pada Pilgub NTT 2018.

Dikemukakan, diri sebenarnya tidak ingin mengikuti konstelasi di Pilgub NTT 2018. Namun, dorongan masyarakat bahkan paksaan dari masyarakat akhirnya membuat dia mendaftarkan diri. “Karena mereka paksa saya, saya akhirnya ikut saja apa yang mereka mau. Saya sudah daftar di PDIP dan daftar lagi di PKB,” paparnya.
Dia berharap, dalam proses di internal PKB, dirinya bisa diakomodir untuk maju dalam Pilgub NTT 2018. Tentunya akan membangun koalisi dengan partai lain. Untuk urusan Bacawagub dia menyerahkan kepada partai dan tim keluarga untuk menentukan. “Saya mana-mana saja. Saya apa maunya partai dan tim keluarga,” ungkapnya.
Bupati Kupang ini juga mengemukakan, jika kelak dirinya tidak diakomodir sebagai Cagub dan diminta menjadi Cawagub, maka dia memilih mundur dan tidak akan mengikuti Pilkada. “Saya pilih mundur kalau ditawarkan jadi calon wakil gubernur,” tukasnya.

Bacagub NTT lainnya, yakni Ibrahim Medah mendaftar terakhir kemarin. Iban Medah -sapaan karibnya- mendatangi Sekretariat DPW PKB NTT tepat pukul 16:00 Wita. Iban Medah diantar puluhan pengurus DPD I Golkar NTT dan DPD II Golkar Kota Kupang.

Ketua Tim Iban Medah, Muhammad Ansor dalam kata pembukanya mengemukakan, pihaknya sangat mengapresiasi pengurus PKB NTT yang telah menerima rombongan dalam mengatar Ibarahim Agustinus Medah untuk mendaftar sebagai bakal calon gubernur.

Ansor mengatakan, dalam Musda Golkar NTT, telah diputuskan Iban Medah menjadi calon gubernur dari Partai Golkar. Walau demikian pihaknya harus tetap berkoalisi untuk mengusung pasangan calon karena Golkar tidak memenuhi syarat mengusung calon sendiri. Golkar hanya memiliki 11 kursi di DPRD NTT dari syarat minimal 13 kursi. Tidak saja itu, pihaknya berkoalisi untuk menentukan bakal calon wakil gubernur, termasuk dengan PKB.

Sementara Iban Medah menjelaskan, dirinya sangat bersyukur karena bisa diterima di PKB. Pendaftaran yang dilakukan untuk memenuhi syarat dan mendapat pintu maju di Pilgub NTT 2018.

Disebutkan, Selasa malam lalu, dalam rapat pimpinan terbatas, pihaknya memutuskan untuk mendaftar di PKB. Dirinya baru mendaftar karena ada sejumlah pertimbangan, termasuk karena kesibukan. “Walaupun baru daftar bukan berarati kami tidak memberikan prioritas kepada PKB. PKB menjadi mitra strategis,” ungkapnya.

Masih menurutnya, perjuangan Golkar dan PKB selama ini selaras dari pusat hingga daerah. Yakni mensejahterahkan rakayat NTT. Demikian juga dalam Pilgub NTT, diharapkan tetap selaras. “Dalam Pilkada NTT nanti, incumbent tidak lagi. Maka itu, masyarakat ingin tahu visi dan misi dan bakal calon, apakah selaras dengan gubernur saat ini atau tidak? Gubernur saat ini tentunya sudah berbuat banyak untuk NTT. Karena itu, pemimpin ke depan harus melanjutkan, dengan ide-ide segar, untuk mengetaskan kemiskinan,” kata Iban. (lok/ito)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!