Dominasi Tiga Cabor, Kota Juara Umum – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

Dominasi Tiga Cabor, Kota Juara Umum

SERAHKAN PIAGAM. Ketua Pengprov perkemi NTT Esthon L. Foenay menyerahkan piagam kepada para juara usai pertandingan final di GOR Flobaora Oepoi Kupang, Kamis (18/5) kemarin.

RUDY MANDALLING/TIMEX

Popda NTT II 2017

KUPANG,TIMEX – Kontingen Kota Kupang dipastikan tampil sebagai juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) NTT II 2017, yang telah menuntaskan seluruh pertandingannya di lima cabang olahraga (Cabor) yang di pertandingkan, Kamis (18/5) kemarin.

Cabor Kempo, Tinju dan Pencak Silat, merupakan tiga cabor yang menuntaskan pertandingannya kemarin, dimana atlet-atlet kota Kupang, kembali menunjukkan dominasinya.

Dari Cabor Kempo ini, Kota Kupang mendulang 9 medali emas 10 peran dan 2 medali perunggu. Ini berarti dari lima cabor yang di pertandingkan di Popda II ini, tiga diantaranya di dominasi oleh atlet-atlet Kota Kupang, yakni Atletik, Taekwondo dan Kempo.

Tiga cabor inilah yang mengantarkan Kontingen Kota Kupang kembali tampil sebagai juara umum Popda II 2017 ini, dengan mengumpulkan 21 medali emas, 17 perak dan 16 perunggu.
Sumba Timur tampil sebagai juara umum Kedua dengan mengoleksi 13 medali emas, 6 perak dan 9 medali perunggu. Sedangkan juara Umum ketiga di tempati Kabupaten Belu yang mengumpulkan 8 medali emas, 3 perak dan 7 perunggu.

Pantauan koran ini di Cabor kempo keberhasilan Kota Kupang menjuarai cabor kempo, tidak terlepas dari penampilan para kenshinya yang turun berlomba baik di kategori pelajar SMP maupun SMA, terutama di nomor embu yang menyumbang 7 medali emas bagi Kota Kupang.

Hal ini wajar, mengingat Kota KUpang memiliki atlet handal dan berpengalaman di nomor ini. sebut Saja Ingky Pini dan Sendy Toh yang turun di nomor embu pasangan putri tingkat SMA,Triyuen Alexander, Hensen Mooy, Defiar Toh, Antonius Wungo, Yustino L.Marsel dan Dionesiu yang menjuarai embu beregu putra SMA.
Ada juga Apris Misa dan Misel selan di nomor embu pasangan putra SMP, atau Hubert Giri, Rico masan, Verel Kuhurima, Faldi Ledo, Aron Dudu, Faldi Fallo, Josua Purbohadi, Roger Masan di nomor beregu putra SMP.

Jalannya pertandingan pada babak di Cabor kempo sendiri, sempat disaksikan langsung oleh Kadispora NTT Nahor Talan didampingi sekretaris dispora Lambert Tukan, Ketua Komisi V DPRD NTT Jimmi Sianto, Ketua Pengprov Perkemi NTT Esthon L. Foenay serta Kabid Pemasalan Kempo Perkemi NTT, Yeni Veronica.

Ketua Pengprov Perkemi NTT Esthon L. Foenay yang dimintaipendapatnya mengenai penampilan para kenshi mengungkapkan bahwa kalau dilihat skil dan semangat bertanding dalam rangka Popda II bagi anak-anak yang masih pelajar SMP dan SMA, berartri proses regenerasi dan kaderisasi sudah berjalan cukup baik.

Semangat ini juga didukung para guru, pelatih dan orang tua yang begitu banyak hadir, bukan saja dari daratan Timor, Sumba, Flores, sabu dan Rote ndao juga hadir.
“Ini berarti tingkat perhatian orang tua dan kepedulian masyarakat cukup tinggi. Dan ini juga berati manajemen organisasi Kempo dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat di percaya oleh seluruh lapisan, baik oleh para kensi, pelatih, para pengurus dan orang tua,” katanya.

Selain itu kata Esthon, tentunya ada kebanggaan bahwa walau pertaruang begitu seru dan dahsyat dalam Popda ini, tetapi persaudaraan kempo Indonesia tetap mereka jaga. “sehingga tidak ada yang berkelahi, sakit hati dan tidak ada yang merasa kecewa dengan keputusan wasit,” ungkapnya.

Untuk kedepan lanjut Esthon, Yang sangat di perlukan, adalah perhatian panitia untuk mengidentifikasi dan menginvetarisasi anak-anak yang berprestasi supaya ada koordinasi antara Dispora dan Dinas pendidikan, sehingga mereka yang punya prestasi bisa nantinya, jika ada peluang beasiswa mereka jadi prioritas.
“Karena mereka sudah menunjukkan prestasi di bidang olahraga.
Dan barangkali punya korelasi dengan prestasi di sekolah dan lainnya,” harap Esthon.

Diharapkannya juga, kedepan Popda ini bisa ditingkatkan kualitas pertandingannya tidak saja SMP dan SMA, tetapi untuk O2SN SD dan juga Pomnas sehingga berkembang dalam setiap jenjang.(rum)

Hasil Akhir Perolehan Medali
1. Kota Kupang 21 17 16
2. Sumba Timur 13 6 9
3. Belu 8 3 7
4. Sumba Barat Daya 7 6 13
5. Manggarai 5 6 7
6. Ngada 5 3 5 7. Sikka 4 5 12
8. Ende 4 4 9
9. Alor 3 6 14
10. TTS 3 6 2
11. Kab. Kupang 3 3 5
12. Sabu Raijua 3 2 5
13. TTU 1 4 9
14. Manggarai Barat 1 4 4
15. Rote Ndao 1 4 4
17. Sumba Tengah 0 4 2
18. Flores Timur 0 2 4
19. Nagekeo 0 0 0

Click to comment

Most Popular

To Top