“Kalau Kasitahu, Pasti Kami Usul” – TIMOREXPRESS.COM

TIMOREXPRESS.COM

EKONOMI BISNIS

“Kalau Kasitahu, Pasti Kami Usul”

TYPE KECIL.Salah satu kapal milik PT.Pelni dengan tipe 1.000. Kapal tipe tersebut akan melayani rute NTT-Papua dan sebaliknya.

CARLENS BISING/TIMEX

Pelayaran Kapal Pelni NTT-Papua

KUPANG, TIMEX-Usulan untuk membuka kembali rute pelayaran NTT-Papua untuk kapal milik PT.Pelni terus bergulir. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Richard Djami siap mengusulkan pembukaan rute tersebut ke PT.Pelni.

“Kan selama ini tidak ada yang datang kasitahu kami, dan kami hanya lihat di media massa. Karena ini menyangkut kebutuhan masyarakat banyak, kami pasti akan teruskan usulannya,” kata Richard Djami kepada Timor Express, Kamis (18/5).

Meski sedikti kecewa karena terkesan dilangkahi, mantan Kadiskomifo NTT itu mengaku siap melanjutkan usulan tersebut secara resmi ke PT.Pelni. Pasalnya, perusahaan milik negara itulah yang memiliki otoritas untuk memutuskan, apakah rute tersebut layak dibuka atau tidak. “Kalau hanya usul, kami segera menyampaikan ke Pelni,” tambahnya.
Menurut dia, rute tersebut sebelumnya sudah pernah dilayari, namun karena tidak efisien, sehingga dialihkan ke rute lain. Menurut Richard, salah satu alasan ditutupnya rute tersebut karena pengeluaran melalui subsidi operasional sudah sangat tinggi. Sementara penumpang jalur tersebut musiman dan tidak hanyak.

“Kalau pun nanti dibuka lagi, harus pakai kapal kecil supaya tidak terlalu rugi. Nanti dari Kupang, mampir ke Makassar dan seterusnya sampai ke Papua,” sambung dia.
Sebelumnya, pihak PT.Pelni pusat mengaku sudah menyiapkan kapal dengan ukuran kecil untuk melayani rute tersebut. Jika selama ini menggunakan kapal dengan tipe 2.000 atau 3.000, pihak Pelni sudah menyediakan kapal dengan tipe 1.000.(cel)

Click to comment

Most Popular

To Top