Hari Ini, Sekolah Dian Harapan Gelar Open House – TIMOREXPRESS.COM

TIMOREXPRESS.COM

PENDIDIKAN

Hari Ini, Sekolah Dian Harapan Gelar Open House

BERSAMA. Siswa SMA Dian Harapan Kupang pose bersama dalam suatu kesempatan.

IST

Buka Pendaftaran dan Tes Masuk Bagi Siswa Baru

KUPANG, TIMEX-Sebagai persiapan memasuki tahun ajaran baru 2017/2018, Sekolah Dian Harapan (SDH) Kupang menggelar open house, Sabtu (20/5) hari ini. Kegiatan ini merupakan kegiatan open house ketiga yang digelar SDH Kupang selama tahun 2017.

Kepada Timor Express, Rabu (17/5), Kepala SDH Kupang, Grefer E.Polo, mengatakan, ada beberapa kegiatan yang dibuat pada open house. Diantaranya, seminar pendidikan serta pendaftaraan dan tes masuk bagi siswa baru. “Untuk kegiatan open house, kami mengundang seluruh orangtua yang ada di Kota Kupang. Termasuk orangtua dari daerah sekitar yang mendapat informasi,” ujarnya.

Khusus seminar pendidikan, Grefer menyebutkan, pihaknya akan menghadirkan Josep Cong dari Sekolah Pelita Harapan Jakarta sebagai nara sumber. Topik yang diangkat adalah ‘Holistic Christian Education’. Menurutnya, topik ini menarik karena ada kecenderungan pendidikan yang lebih menekankan kepada keunggulan-keunggulan kognitif. Padahal hidup itu sendiri tentunya tidak hanya kognitif. Dan secara umum, pendidikan itu bicara soal kognitif, afektif dan psikomotorik.

Topik ini, urai Grefer, sejalan dengan visi SDH Kupang, yakni True Knowledge (pengetahuan yang benar), Faith in Christ (beriman kepada Kristus) dan Godly Character (karakter Ilahi). Sehingga misi sekolah, adalah menyatakan keutamaan Kristus dan terlibat dalam pemulihan yang menebus segala sesuatu di dalam Dia, melalui pendidikan holistis. “Jadi yang kita angkat dalam seluruh pembelajaran di sekolah ini adalah pendidikan holistis,” katanya.

Grefer menambahkan, dalam kegiatan open house, akan tampilkan juga performance dari murid-murid SDH Kupang. Baik murid-murid junior (SD), maupun murid senior (SMP/SMA). Setelah open house, akan dilanjutkan dengan pemberian informasi mengenai sekolah. Misalnya tentang administrasi, kurikulumnya, jam belajar, fasilitas, dan lain sebagainya. “Setelah itu baru kita buka pendaftaran dan tes masuk bagi siswa baru,” terangnya.

Untuk dapat diterima belajar di SDH Kupang, Grefer katakan, semua calon murid akan menjalani dua tes. Yaitu tes tertulis untuk kelas II SD ke atas dan tes dalam bentuk observasi untuk calon murid TK sampai Kelas I SD. “Setelah tes observasi dan tertulis, kita adakah wawancara bagi orangtua. Wawancara juga dilakukan bagi calon murid SD, SMP dan SMA. “Sekolah ini memang sekolah Kristen tapi bersifat inklusif, tapi tetap terbuka bagi umat beragama lain,”katanya sembari berharap agar orangtua bisa mempercayakan anaknya untuk masuk dan mengikuti pendidikan holistis di SDH Kupang. (r2/lok

Click to comment

Most Popular

To Top