Enesto dan Ivana Juara Duta Genre 2017 – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Enesto dan Ivana Juara Duta Genre 2017

POSE. Para Peserta pemilihan Duta Genre BKKBN 2017, berpose bersama di Lippo Plaza Kupang, Sabtu (3/6).

Fenti Anin/Timex

KUPANG, TIMEX – Audisi Duta Genre 2017 berakhir dengan kemenangan Ernesto Maia, siswa dari SMAN 2 Kupang. Sedangkan yang meraih juara dua adalah Ivana Ndoen.
Pemilihan Duta Genre (Generasi Berencana) BKKBN Provinsi NTT melalui dua jalur yaitu jalur masyarakat dan jalur pendidikan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari. Pada Jumat (2/6) di Hotel Naka audisi digelar dengan tema “Remaja bersatu, remaja sehat, bangsa sejahtera.”

Babak pertama seleksi administrasi, seleksi tulis dan wawancara yang diikuti oleh 38 peserta yang berasal dari Kabupaen Nagekeo, Sikka, Kabupaten Kupang dan Kota Kupang.
Audisi dilanjutkan Sabtu (3/6) di Lippo Plaza Kupang. Para peserta adu terampil fashion show dan penyuluhan kepada pengunjung dan peserta.

Ketua Panitia Pemilihan Duta Genre, Afonso De Araujo menjelaskan, syarat mengikuti pemilihan Duta Genre yaitu berusia 15-22 tahun. Yang dinilai juri adalah penampilan penguasaan materi, kerja sama tim (satu tim terdiri dari 3-4 orang anggota).

Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi BKKBN NTT, Marianus Mau Kuru menjelaskan melihat tren kehidupan di remaja saat ini, seperti seks pranikah, nikah dini, dan terlibat narkoba dan HIV/AIDS, BKKBN merasa harus ada remaja yang aktif melakukan sosialisasi. “Data menunjukkan bahwa anak remaja lebih senang mendengarkan teman sebayanya, untuk memberikan pengarahan dan penyuluhan,” katanya.

Para Duta Genre akan diajarkan atau diberi bekal untuk mempraktikkan pola hidup sehat dan memberikan contoh kepada teman sebayanya di mana pun mereka berada. “Remaja adalah aset negara, karena mereka yang akan menjadi penerus bangsa. BKKBN dan pemerintah saja tidak mampu untuk menjamin remaja sepenuhnya berada dijalur yang positif, maka kita membutuhkan remaja sendiri untuk turut mensosialisasikan bagi teman sebayanya agar mau menerapkan pola hidup sehat dan berada dijalur yang positif,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu mengatakan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat banyak remaja salah menggunakannya. Dan ini justru membawa dampak negatif bagi masa depannya.

Pemilihan Duta Genre ini diharapkan meminimalisir dampak negatif dari perkembangan globalisasi, seperti AIDS, nikah dini dan perilaku negatif lainnya. “Bagi para remaja jagalah diri dan masa depan anda dengan baik, karena masa depan banggsa ada di tangan anda, jadi gunakanlah masa muda anda sebaik dan sebijak mungkin,” harapnya. (mg25/sam)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!