NTA Tingkatkan Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat TTS – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

NTA Tingkatkan Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat TTS

POSE BERSAMA. Pengurus LSM NTA dan kelompok binaan, pose bersama usai melakukan evaluasi dan rencana kerja ke depan di kantor Desa Mio Kecamatan Amanuban Selatan, Jumat (2/6).

YOPI TAPENU/TIMEX

SOE, TIMEX – Pendidikan dan kesejahteraan masyarakat di TTS merupakan persoalan yang membutuhkan perhatian dari banyak pihak. Karena itu, sejak tahun 2006 lembaga swadaya masyarakat (LSM) Nusa Tenggara Asosiation (NTA) melakukan pendampingan dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Pendampingan yang dilakukan NTA di dua desa yakni Desa Mio dan Desa Enoneten Kecamatan Amanuban Selatan.

Koordinator NTA Wilayah TTS, Andre Nuwa ketiga menggelar kegiatan musyawarah dan evaluasi program NTA di kantor Desa Mio, Jumat (2/6) mengatakan, pendampingan yang dilakukan LSM NTA di TTS dan beberapa kabupaten di wilayah NTT adalah melakukan pendampingan terhadap guru untuk meningkatkan kompetensi guru serta peningkatan fasilitas sekolah.

Peningkatan kompetensi guru seperti memberikan pelatihan terhadap cara menyajikan materi yang menarik bagi siswa, sehingga siswa tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Memberikan pelatihan tentang pengelolaan perpustakaan yang baik dan benar.

Sementara peningkatan fasilitas sekolah adalah pemberian bantuan meja, kursi, buku-buku kurikulum, pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan pemberian bantuan sumur kepada sekolah yang juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

“Pendampingan yang kami lakukan di dua desa di TTS mencakup empat PAUD, enam SD dan satu SMP. Selain itu kami juga memberikan pendampingan untuk peningkatan ekonomi masyarakat, melalui dana bergulir,” kata Andre didampingi Frans Wayan, Lorens Kali dan sejumlah karyawan LSM NTA.

Pendampingan yang dilakukan NTA tidak berbatas waktu, karena NTA yang berpusat di Australia akan memberikan pendampingan hingga masyarakat benar-benar mandiri dan sejahtera secara ekonomi. Karena itu, pelaksanaan program yang dilakukan evaluasi setiap tiga bulan itu, kiranya dimanfaatkan dengan baik sehingga ke depan masyarakat dapat mandiri dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang ekonomi.

“Bantuan yang kami berikan, kiranya jangan dimanfaatkan dengan baik sehingga tidak bermanfaat bagi pribadi sendiri, melainkan juga bermanfaat bagi banyak orang,” harapnya.
Soleman Misa, salah satu pengurus PAUD Desa Mio mengatakan, pendampingan yang dilakukan NTA terhadap pelaksanaan pendidikan di TTS sangat baik. Karena selain memberikan bantuan, juga memberikan pelatihan sehingga tenaga pengajar dapat memaksimalkan bantuan pendidikan yang diberikan.

“Ada nilai positifnya karena NTA memberikan pelatihan dan juga bantuan seperti buku dan fasilitas lain seperti pembangunan pagar sekolah dan lain-lain,” katanya.
Sementara, Obed Puay mewakili sejumlah kelompok tani mengatakan bahwa NTA memberikan bantuan berupa bak air serta bimbingan terkait cara bertani yang baik dan benar. Karena itu, kelompok binaan yang dinaungi selama ini sudah memproduksi hasil pertanian seperti sayur mayur dan lain-lain. Hal itu cukup membantu ekonomi masyarakat.
“Selama NTA melakukan pendampingan, masyarakat sudah bisa bertani dengan baik dan hasil pertanian mereka cukup membantu ekonomi masyarakat di sini. Sebelum kami bertani, diberikan pembekalan dulu, sehingga masyarakat benar-benar mengerti tentang bercocok tanam yang baik dan benar,” ucapnya. (yop/ays)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!