India Luncurkan Roket Seberat 200 Gajah – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

INTERNASIONAL

India Luncurkan Roket Seberat 200 Gajah

LUNCURKAN. Inilah roket yang diluncurkan pemerintah India, Senin (5/6) lalu.

JPNN

INDIA, TIMEX-Perdana Menteri (PM) Narendra Modi layak bangga pada India. Pada Senin (5/6) Indian Space Research Organisation (ISRO) sukses meluncurkan megaroket buatan dalam negeri.
Roket Geosynchronous Satellite Launch Vehicle (GSLV) MKIII itu dijuluki megaroket karena ukurannya begitu istimewa.

Roket sepanjang 43 meter tersebut memiliki bobot 640 ton atau setara dengan 200 gajah. Senin petang itu megaroket yang oleh media India disebut sebagai Fat Boy tersebut melesat ke luar angkasa sambil mengusung satelit komunikasi GSAT-19. ”Dengan berat 3.136 kilogram atau lebih dari 3 ton, satelit itu merupakan yang terberat di antara satelit-satelit yang pernah India orbitkan sebelumnya,” kata jubir ISRO.

Di Asia, baru Jepang yang mampu mengorbitkan satelit komunikasi dengan bobot di atas 3 ton. Kini India menyusul. Sebelumnya, Amerika Serikat (AS) dan Rusia serta Badan Antariksa Eropa alias European Space Agency (ESA) juga pernah melakukannya. Tetapi, soal pengiriman astronot ke luar negeri, baru AS, Rusia, dan Tiongkok yang kemampuannya sudah terbukti.

Tidak hanya mencolok dari segi bobot, perpaduan megaroket plus satelit terberat India itu juga menghasilkan penampakan kendaraan luar angkasa yang tidak biasa. Dalam posisi siap mengangkasa di landasan Sriharikota, GSLV-MKIII/GSAT-19 menjulang setinggi gedung 13 lantai. Tepat pukul 17.28 waktu setempat, megaroket tersebut meninggalkan bumi dan langsung menuju orbit.

”Bangsa kami bangga!” cuit Modi setelah peluncuran megaroket itu. Dia optimistis India sudah semakin mendekati tujuan. Yakni, mengirimkan pesawat ulang-alik dan krunya ke luar angkasa. Selama ini ISRO baru mengirimkan satelit-satelit komunikasi. Rekor pengiriman satelit India dicapai Februari lalu saat 104 satelit komunikasi diorbitkan menggunakan satu roket. (jpnn/lok)

Click to comment

Most Popular

To Top