Daniel Kitu Menyusul ke Rutan – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

HUKUM

Daniel Kitu Menyusul ke Rutan

Empat Tersangka Sudah Diseret
Kasus Tambak Garam Sarai

KUPANG, TIMEX-Setelah dua kali mangkir dari panggilan jaksa penyidik tindak pidana khusus (Tipidsus) Kejati NTT, Selasa (13/6) sekira pukul 15.00 Wita, tersangka Daniel Kitu akhirnya bersedia datang ke Kantor Kejati NTT.

Kedatangan kuasa Direktur PT. Somba Hasbo itu ke Kantor Kejati NTT petang kemarin untuk diperiksa pasca penetapan dirinya sebagai salah satu tersangka kasus pembangunan tambak garam di Kabupaten Sabu Raijua (Sarai) tahun anggaran 2014-2016. Usai diperiksa penyidik Tipidsus, Daniel Kitu langsung digiring ke rumah tahanan (Rutan) Klas IIB Kupang malam tadi.

Sebelum menghuni Rutan Klas IIB Kupang, Daniel Kitu terlebih dahulu diperiksa kesehatannya di RSUD SK Lerik Kota Kupang. Ini untuk memastikan kesehatan tersangka Daniel Kitu sebelum ditahan.

Kasi Penkum dan Humas Kejati NTT, Shirley Manuete kepada Timor Express Selasa kemarin di Kantor Kejati NTT mengatakan, tersangka Daniel Kitu langsung ditahan karena berdasarkan hasil penyidikan penyidik Tipidsus ditemukan adanya bukti yang cukup. “Kita langsung tahan dirinya setelah diperiksa karena dikhawatirkan dirinya melarikan diri, menghilangkan barang bukti serta mengulangi lagi perbuatannya. Kita akan tahan dia selama 20 hari ke depan sambil dilakukan pemeriksaan lanjutan,” ujar Shirley.

Dijelaskan juga, tersangka Daniel Kitu merupakan kuasa Direktur PT Somba Hasbo yang menjadi pemenang tender proyek tambak garam untuk pembangunan fisik tambak garam seluas lima hektare, Paket Sabu Daratan-2. “Nilai kontrak untuk proyek yang dikerjakan tersangka Daniel Kitu sebesar Rp 2.994.890.000. Dan pembayaran yang sudah dilakukan ke tersangka sebesar Rp 2.680.866.679,” jelas Shirley.

Total kerugian negara akibat perbuatan tersangka Daniel Kitu sebesar Rp 2.680.866.679. Ini karena progres di lapangan sama sekali tak ada realisasi.

Dengan ditahannya tersangka Daniel Kitu, maka total tersangka yang sudah ditahan penyidik Tipidsus Kejati NTT dalam kasus pembangunan tambak garam di Kabupaten Sarai sudah sebanyak empat orang. Tersangka yang sudah ditahan sebelumnya yakni Lewi Tandirura selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag), Nicodemus Rehabeam Tari selaku Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Sekdisperindag), Hendrik Jonson Wenyi selaku kuasa Direktur PT. Surya Mekar Raya dengan kuasa direktur. Penyidik Tipidsus Kejati NTT juga akan segera merampungkan berkas tersangka Daniel Kitu untuk secepatnya dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang. (gat/ito)

Click to comment

Most Popular

To Top