Dinas Sosial Harus Verifikasi SK – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Dinas Sosial Harus Verifikasi SK

BERAS SEJAHTERA. Staf kelurahan bagian Pelayanan Kemasyarakatan Kelurahan Oesapa Barat, Robert Retu (kiri) bersama Agustinus Manu menunjukkan beras sejahtera di Kantor Kelurahan yang belum diambil masyarakat. Diabadikan Selasa (13/6)

IMRAN LIARIAN/TIMEX

Kisruh Rastra 2017

PASIR PANJANG, TIMEX-Polemik beras sejahtera (Rastra) tahun 2017 belum selesai. Masih banyak kelurahan yang menemukan beras rusak maupun pengurangan nama penerima.

Terkait hal ini, mantan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, dr. Joyce Kansil, Selasa (13/6), menjelaskan terkait pengurangan jumlah kepala keluarga (KK) penerima rastra, pada 2016 lalu, Dinas Sosial Kota Kupang sudah mengirimkan data penerima rastra tersebut ke Kementerian Sosial melalui Pusat Data Terpadu (Pusdatin), yang adalah tempat resmi mengirim semua data masyarakat miskin. Baik itu, penerima rastra, PKH, Kube (Kelompok usaha bersama), penerima kartu KIS, KIP, maupun KKS.

dr. Joyce menjelaskan pada saat itu, nama-nama penerima rastra yang dikirim dari Kementrian Sosial diverifikasi ulang oleh Dinas Sosial. Pihaknya turun langsung ke masyarakat untuk memastikan bahwa penerima rastra benar-benar sesuai dan tepat sasaran. Selain hasil verifikasi, Dinas Sosial juga melihat hasil musyawarah kelurahan (Muskel). Kemudian hasil verifikasi ulang dikirim kembali ke Kementerian Sosial.

Ia menambahkan, untuk data penerima raskin juga menggunakan data BPS. Jadi BPS memberikan data ke tim nasional untuk penanggulangan kemiskinan dan akan di-break down siapa saja yang menerima raskin tersebut. “Nah untuk data siapa-siapa yang menerima raskin itu diambil dari Data Pusdatin tadi, Bukan hanya raskin saja, data penerima PKH, Kube dan lainnya dilihat dari Pusdatin itu. Dan sesuai dengan putusan Menteri Sosial bahwa penerima PKH harus menerima raskin juga,” katanya.

Pada kenyataannya, di Kota Kupang, penerima PKH belum menerima raskin. Oleh karena itu, Kemensos meminta nama-nama tersebut dan sebelum nama-nama tersebut dikirim harus dilakukan verifikasi di lapangan. “Rakor Raskin di Alor, Gubernur NTT menegaskan bahwa penerima raskin bukan bantuan seumur hidup, yang ditegaskan juga oleh menteri sosial, sehingga harus ada pergantian, dan harus diutamakan penyandang disabilitas dan lansia. Hal ini sudah disampaikan di lurah-lurah agar mengutamakan disabilitas dan lansia pada saat Muskel,” katanya.

Oleh karena itu, kata dr, Joyce, masyarakat harus menerima jika ada pergantian nama, karena berdasarkan pertimbangan yaitu penerima PKH wajib menerima raskin dan utamakan bagi penyandang disabilatas dan lansia.

Ia menambahkan, yang harus dilakukan Dinas Sosial adalah SK pertama yang diturunkan Kemensos harus secepatnya diverifikasi dan dikirim kembali ke Kemensos. Hasil verifikasi harus dilengkapi dengan hasil-hasil Muskel. “Verifikasi dilakukan sendiri oleh petugas Dinsos yaitu TKSK (tenaga kesejahteraan sosial kecamatan), agar memverifikasi data yang ada apakah sesuai dengan kenyataan atau tidak. Data itu yang dibawa ke kelurahan untuk pihak kelurahan menindaklanjutinya dengan muskel,” ungkapnya.

Seperti terpantau Timor Express di Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Selasa kemarin, banyak nama penerima rastra yang sudah hilang dari daftar. Padahal setiap tahun mereka tercatat sebagai penerima rastra.

Staf Bagian Pelayanan Kemasyarakatan Kelurahan Oesapa Barat, Robet Retu mengatakan mengacu pada SK Menteri Sosial tahun 2017 sejumlah nama penerima rastra telah dihapus dan diganti dengan nama yang baru. “Memang ada penambahan beras sejahtera dari 512 menjadi 570 penerima. Ini sudah total semua antara beras sejahtera daerah dan nasional,” ujar Robet.

Disamping itu, kata Robet, pihak kelurahan tidak tahu menahu tentang perubahan nama tersebut. Nama-nama tersebut tiba-tiba sudah sampai ke pihak kelurahan. Ia mengakui, dalam pendataan pihak kelurahan tak dilibatkan.

Selain itu, beras yang didistribusikan kepada masyarakat juga tidak layak konsumsi. Oleh karena itu, pihak kelurahan meminta masyarakat untuk segera mengembalikannya ke kantor kelurahan agar segera diganti. (mg25/mg22/sam)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!