Penyakit ISPA Masih Mendominasi – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Penyakit ISPA Masih Mendominasi

MELAYANI. Kepala Pustu Liliba Selfiana Kanajara saat melayani pasien di Pustu Liliba, Rabu (14/6)

Fenti Anin/Timex

LILIBA, TIMEX – Memasuki peralihan musim, banyak virus yang menyebar. Jika kondisi kekebalan tubuh berkurang maka akan langsung terserang berbagai penyakit.
Kepala Puskesmas Pembantu (pustu) Liliba, Selfiana Kanajara, Rabu (14/6) menjelaskan data pasien rawat jalan di Pustu Liliba yang paling dominan adalah infeksi saluran pernapasan akut (ispa), yaitu sebanyak 97 pasien pada bulan Mei lalu.

Menurutnya, ISPA adalah infeksi yang mengganggu proses pernapasan seseorang. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea (pipa pernafasan), atau bahkan paru-paru. ISPA merupakan penyakit yang mudah sekali menular.

Dikatakan, orang-orang yang memiliki kelainan sistem kekebalan tubuh dan lanjut usia akan lebih mudah terserang penyakit ini. “Anak-anak juga memiliki risiko yang sama, karena sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk sepenuhnya,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, gejala ISPA antara lain, sering bersin, hidung tersumbat atau berair, para-paru terasa terhambat, batuk-batuk dan tenggorokan terasa sakit. Selain itu, kerap merasa kelelahan dan timbul demam dan tubuh terasa sakit. “Bila sudah ada salah satu dari gejala di atas, langsung diperiksakan ke puskesmas atau pustu terdekat untuk mendapat penanganan dan pengobatan,” katanya.

Sementara penyakit lainnya adalah dispepsia yakni nyeri atau rasa tidak nyaman pada perut bagian atas atau dada, yang sering dirasakan sebagai adanya gas, perasaan penuh atau rasa sakit. “Sebenarnya semua penyakit itu bermula dari pola hidup, jika pola hidup yang dipakai itu berish dan sehat, maka akan susah terserang penyakit,” ungkapnya.

Ia menambahkan, penyakit- penyakit seperti di atas adalah penyakit yang diakibatkan oleh udara dan berkembangnya virus secara cepat pada peralihan musim ini, sehingga setiap orang harus memiliki kesadaran diri menjaga kondisi dan ketahanan tubuhnya, mulai dari makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan rajin berolahraga. (mg25/sam)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!