Sebulan, 6.000 Sapi Keluar dari NTT – TIMOREXPRESS.COM

TIMOREXPRESS.COM

EKONOMI BISNIS

Sebulan, 6.000 Sapi Keluar dari NTT

SIAP KIRIM.Salah satu kapal kargo di Pelabuhan Tenau Kupang yang memuat ratusan ekor sapi untuk dibawa ke luar NTT. Diabadikan Minggu (11/6)

CARLENS BISING/TIMEX

Permintaan Bulan Puasa

KUPANG, TIMEX-Provinsi NTT yang dikenal sebagai provinsi ternak, tidak pernah sepi permintaan sapi dari luar NTT. Khusus di bulan puasa tahun 2017 ini, tidak kurang dari 6.000 ekor sapi sudah keluar dari NTT.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTT, Dani Suhadi kepada Timor Express saat mendampingi Gubernur NTT melakukan sidak persiapan Lebaran dibandara El Tari Kupang, Rabu (14/6).

Dani jelaskan, permintaan sapi sudah ramai beberapa pekan sebelum Ramadan dimulai. “Sekira dua minggu sebelum Ramadan itu sudah naik permintaannya. Karena mereka target, proses pengiriman sampai ke tempat tujuan pas Ramadan dimulai dan selama Ramadan sampai Lebaran,” jelas Dani.

Meski permintaan tinggi, namun harga sapi tetap terjaga atau stabil. Dani tambahkan, sapi yang keluar dari NTT akan dikirim ke sejumlah daerah, seperti Kalimantan dan Jawa. Selain kapal ternak Cemara Nusantara I, ada pula pengiriman menggunakan kapal kargo melalui pelabuhan Tenau Kupang.

Kapal Cemara Nusantara I sendiri baru mengangkut 500 ekor sapi melalui Pelabuhan Tenau Kupang pada Selasa (13/6). Kapal tersebut sempat tertahan dua hari di pelabuhan Tenau bersama dua kapal kargo yang juga mengangkut sapi karena cuaca buruk.

Masih menurut Dani Suhadi, permintaan sapi untuk Ramadan dan Lebaran tahun ini tidak jauh berbeda dengan permintaan tahun 2016 lalu. Meski permintaan sapi tinggi, namun Dani tetap menjamin kuota sapi tahun 2017 untuk NTT masih terjaga. Sebelumnya, gubernur telah menetapkan kuota sapi untuk NTT di tahun 2017 lebhi dari 60.000 ekor.(cel)

Click to comment

Most Popular

To Top