Dua Frans Incar Kursi Senayan – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

POLITIK

Dua Frans Incar Kursi Senayan

Setelah Akhiri Jabatan Gubernur dan Sekda NTT
Frans Lebu Raya ke DPR, Frans Salem ke DPD

KUPANG, TIMEX-Terkuak sudah langkah politik Frans Lebu Raya dan Frans Salem, pasca purnatugas nanti sebagai gubernur maupun Sekda Provinsi NTT. Dalam acara perpisahan di Aula El Tari Kupang, Jumat (16/6), dua Frans ini secara terbuka ‘mendeklarasikan’ diri untuk merebut kursi empuk di Senayan tahun 2019 nanti.
Saat memberi sambutan pada acara perpisahan, Frans Salem mengemukakan, pasca menjabat sebagai Sekda NTT, dirinya memilih untuk meniti karir sebagai politisi. Frans mengatakan, dirinya sudah membulatkan tekad untuk maju sebagai calon anggota DPD RI 2019. “Setelah purnatugas dan purnabakti sebagai Sekda NTT, saya akan maju sebagai anggota DPD RI,” ungkapnya disambut tepuk tangan meriah seluruh ASN yang memenuhi Aula El Tari Kantor Gubernur NTT. Gubernur NTT, Frans Lebu Raya yang hadir juga tak ketinggalan memberi aplaus.
Frans Salem mengemukakan, jika semua ASN yang ada memberi dukungan, maka dirinya siap melangkah ke DPD RI. Kata Salem, tanpa dukungan semua maka cita-cita itu tinggal mimpi. “Saya ingin maju sebagai calon anggota DPD RI. Saya akan jadi kalau sahabat-sahabat ASN berikan dukungan,” timpalnya.
Saat ditanyai soal keseriusan mewujudkan tekad ke Senayan, Frans Salem menjelaskan, setelah pensiun dirinya langsung melakukan langkah persiapan untuk bekerja. Saat ini dirinya belum melakukan persiapan apapun untuk maju sebagai calon anggota DPD RI karena masih tercatat sebagai aparatur sipil negara (ASN). “Saya kan selama ini sebagai ASN. Jadi tidak bisa omong politik. Pensiun nanti kita mulai,” terangnya.
Frans Salem menyebutkan, setelah purnatugas, dirinya akan langsung bekerja mengumpulkan KTP sebagai bentuk dukungan untuk diajukan sebagai persyaratan calon anggota DPD. “Kita akan kumpulkan dukungan berupa KTP dari masyarakat. Selama ini kita belum bisa bergerak,” tuturnya. Frans melanjutkan, pihaknya akan membentuk tim di setiap kabupaten/kota guna mengumpulkan dukungan masyarakat. Dukungan itu penting sebab menjadi salah satu syarat. “Kita akan konsultasi dengan KPU soal detail persyaratan calon anggota DPD. Setelah itu kita mulai bergerak di kabuapten/kota,” tutupnya.
Tak mau ketinggalan, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dalam sambutannya mengemukakan, jika Sekda Frans Salem akan mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI, maka dirinya juga akan mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI. “Kalau Pak Frans Salem ke DPD, saya mau ke DPR RI,” kata Frans Lebu Raya disambut aplaus meriah.
Sekda Frans Salem, kata Lebu Raya, merupakan sahabatnya, namun, jalur politik menjadi pilihannya. Setelah masa jabatan dirinya sebagai gubernur berakhir pada 2018 mendatang, dirinya siap maju sebagai calon anggota DPR RI. “Pasca masa jabatan saya dan pak Sekda, kami pilih jalur berbeda. Kami sama-sama mau ke Senayan, tapi satu DPD satunya DPR RI. Intinya untuk bangun masyarakat NTT,” ungkap Frans Lebu Raya.
Sosok yang juga sebagai Ketua DPD PDIP NTT ini mengatakan, berbekal pengalaman politik sebagai pengurus parpol juga gubernur, dirinya yakin bisa meraih simpati dan dukungan menuju Senayan.
Untuk diketahui, dua Frans ini akan segera mengakhiri tugasnya baik sebagai gubernur dan Sekda NTT. Frans Lebu Raya yang menjadi gubernur dua periode akan mengakhiri masa tugasnya pada 2018 mendatang, sedangkan Frans Salem akan melepaskan jabatannya sebagai Sekda NTT per 1 Juli 2017 nanti. (lok/ito)

Click to comment

Most Popular

To Top