Ngapang Mas Terbaik Bangun Rabat Beton – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

FLORES RAYA

Ngapang Mas Terbaik Bangun Rabat Beton

SELESAI. Inilah rabat beton di Desa Ngampang Mas yang dibangun menggunakan dana desa tahun 2017.

FANSI RUNGGAT/TIMEX

BORONG, TIMEX – Banyak desa di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) yang memanfaatkan dana desa (DD) untuk bangun rabat beton. Dari sekian desa, Desa Ngampang Mas Kecamatan Borong dinilai yang terbaik dalam pembangunan jalan dengan pola rabat beton.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) Matim, Paskalis Serajudin dalam sambutan peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BB-GRM) ke-14 tingkat Kabupaten Matim tahun 2017 di Desa Ngampang Mas, Kamis (15/6).

Paskalis menjelaskan, dari hasil pekerjaan yang ada, rabat beton di Desa Ngampang Mas patut diberi jempol. Selain itu, patut menjadi contoh bagi desa lain. Pekerjaanya sesuai dengan teknis. Polanya juga melibatkan seluruh masyarakat desa.

Apalagi kata Paskalis, pekerjaannya diawasi oleh Pastor Kapela Perang Paroki Mbeling. “Kami dari PMPD dan tim teknis sudah melihat dan memeriksa pekerjaan rabat beton. Secara teknis hasilnya bagus. Ini pekerjaan rabat beton yang terbaik di Kabupaten Matim. Kita juga bangga melibatkan seluruh warga dan diawasi langsung oleh Pater Stef,” katanya.

Sementara, Wakil Bupati Matim, Agas Andreas dalam sambutannya mengatakan, dirinya telah melihat pembangunan rabat beton di Desa Ngampang Mas. Pekerjaannya melibatkan seluruh masyarakat dan hasilnya bagus.

Tampak pembangunan di wilayah itu semakin maju dengan adanya DD dan alokasi dana desa (ADD).
Agas menjelaskan, jumlah dana yang dikucurkan ke 159 desa di Kabupaten Matim untuk tahun 2017 sebesar Rp 178.392.765.400. Jumlah itu untuk DD sebesar Rp 126.092.079.000 dan untuk ADD sebesar Rp 52.300.686.400.

Khusus untuk Desa Ngampang Mas, kata Agas, besarnya DD Rp 781.322.600 dan ADD sebesar Rp 328.160.550. Sehingga tahun ini, total dana untuk pembangunan di desa sebesar Rp 1.119.483.150. Sehingga diminta kepada masyarakat untuk terus mengawasi pengelolaan keuangan di desa masing-masing dan melaporkannya apabila terdapat penyimpangan.
“Besarnya alokasi dana yang disalurkan ke setiap desa tahun 2017 ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Saya lihat di desa ini pembangunan dengan menggunakan dana sangat bagus. Saya minta masyarakat untuk terus mengawasi pengelolaan dana di desa ini,” pinta Agas.

Sementara, Kepala Desa Ngampang Mas, Erison Songgo yang ditemui Timor Express mengatakan, sejak digulirkan bantuan DD, pihaknya memprioritaskan pembangunan jalan rabat beton. Jalan tersebut dibangun bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat dalam melakukan aktivitas.

“Jalan tersebut tadi hanya berupa jalan tanah. Ada juga disejumlah anak kampung yang belum ada jalan. Sehingga dengan ada DD, kita buka jalan dan gali jalan baru. Kerja secara manual untuk gali jalan dan libatkan seluruh masyarakat,” bilang Erison.

Dia menjelaskan, pembangunan di desa yang menggunakan ADD dan DD, berdasarkan usulan dari warga dan dibawa ke musyawarah bersama. Sehingga, menghasilkan kesepakatan bersama. Artinya, dari awal perencanaan hingga pelaksanaan, warga selalu dilibatkan.

Tahun 2016, rabat beton yang dibangun sepanjang 1.452 meter. Itu dari ujung jalan aspal menuju gereja hingga Pustu Desa Ngampang Mas. Usianya baru tujuh bulan dan sangat terjamin kualitasnya.

Tahun 2017, kata dia, sesuai perencanaan bersama, pihaknya akan membuka dan gali jalan baru menuju Kampung Wunis sepanjang 1,2 km dan juga bangun rabat beton 948 meter di Kampung Purak. (krf3/ays)

Click to comment

Most Popular

To Top