Paus Fransiskus Cintai China – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

INTERNASIONAL

Paus Fransiskus Cintai China

BEIJING, TIMEX-“Paus mencintai China”. Begitu bunyi headline surat kabar yang dikelola negara China, Jumat, 4/8).

Hal itu mengutip pernyataan seorang pejabat Vatikan yang berkunjung e Beijing pekan ini. Kunjungan pejabat Vatikan ke China adalah untuk mengungkapkan niat baik demi memperbiaki hubungan China dan Vatikan.

Pejabat tersebut membawa pesan dari Paus Fransiskus yang ingin menyembuhkan perpecahan yang berlangsung puluhan tahun di China, di mana orang-orang Katolik terbagi antara orang-orang yang setia kepada Paus Fransiskus dan mereka yang termasuk dalam gereja resmi yang dikuasai pemerintah.

Berbicara di Beijing di mana dia menghadiri sebuah konferensi transplantasi organ, kepala Akademi Kepausan Vatikan, Monsignor Marcelo Sanchez Sorondo, mengungkapkan niat baik Paus.

“Paus Francis mencintai China dan mencintai rakyat China, sejarah dan populasinya. Kami berharap China dapat memiliki masa depan yang hebat,” ujarnya seperti dimuat Reuters.

Sebagai informasi, salah satu kendala dalam hubungan yang lebih baik adalah pertanyaan tentang siapa yang harus membuat janji uskup senior di China.
China mengatakan bahwa uskup harus ditunjuk oleh komunitas Katolik China dan menolak untuk menerima otoritas paus, yang dipandangnya sebagai kepala negara asing yang tidak memiliki hak untuk mencampuri urusan China.

Kedua belah pihak telah berselisih sejak pengusiran misionaris asing dari China setelah Komunis berkuasa pada tahun 1949. (jpg/lok)

Click to comment

Most Popular

To Top