Esthon: Pak Nabas Pulang dengan Bangga – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Esthon: Pak Nabas Pulang dengan Bangga

JAKARTA, TIMEX-Kantor Perwakilan NTT di Jakarta telah mematangkan rencana penjemputan jenazah Barnabas nDjurumana dari Hongkong dan selanjutnya diterbangkan ke Kupang.

Kepala Kantor Perwakilan NTT di Jakarta, Berto Lalo kepada Timor Express di Jakarta, Selasa (8/8), mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan manajemen maskapai Garuda Indonesia untuk mempersiapkan tempat agar jenazah almarhum disemayamkan sementara di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng.

“Setelah jenazah tiba dari Hongkong, pihak Garuda akan pindahkan dari cargo internasional ke cargo domestik. Peti jenazah tidak bisa dibuka, tapi bagi yang mau melayat disiapkan fasilitas standar. Garuda juga membolehkan dilakukan ibadah bersama di tempat itu sebelum diterbangkan ke Kupang,” jelas Berto.

Ia memastikan, seluruh proses tiketing bagi rombongan atlet, offisial dan pengurus Perkemi NTT telah selesai. “Rombongan atlet akan berangkat lebih dulu dengan pesawat Citilink, sementara jenazah dan rombongan pengurus Perkemi NTT dengan Garuda,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Pengprov Perkemi NTT, Esthon Foenay kepada koran ini di Jakarta mengatakan, puluhan Sinshe yang tergabung dalam PB Perkemi akan ikut mengantar jenazah Simpai Nabas ke Kupang.

“Dari PB Perkemi ada puluhan Sinshe yang akan ikut ke Kupang, termasuk Sinshe Indra Karta Sasmita, Sekjen PB Perkemi Sinshe Boy, Sinshe Heryanto dan teman seangkatan almarhum,” kata Esthon.

Mantan Wagub NTT itu menambahkan, Pengprov Perkemi NTT sangat kehilangan sosok Simpai Nabas sebagai pahlawan Kempo nasional yang berhasil mencetak juara dunia bagi Indonesia.

“Beliau sosok yang sangat tegas dan disiplin. Saya sangat yakin Pak Nabas pulang dengan bangga karena telah menyaksikan anak-anak didiknya menjadi juara dunia,” kata Esthon.
“Pak Nabas merupakan pendiri Kempo di NTT pada tahun 1973. Saat itu saya masih honor di Bappeda NTT dan beliau sebagai calon pegawai negeri pada direktorat khusus di kantor gubernur,” lanjut Esthon.

Jenazah Bapak Kempo NTT yang terkenal sangat berkarakter, Barnabas nDjurumana dipastikan tiba di Kupang pada pukul 12.50 Wita, Kamis (10/8).
Jenazah akan diterbangkan dari Hongkong pada Rabu (9/9) menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 863 pada pukul 17.10 waktu Hongkong.
Jenazah almarhum yang didampingi Simpai George Hadjo dan Simpai Alfons Theodorus diperkirakan tiba di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta pukul 21.10 WIB.
Jenazah selanjutnya akan diterbangkan ke Kupang menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 438 pada pukul 07.15 WIB, dengan transit di Denpasar. Tiba di kupang jenazah akan disemayamkan di rumah duka di seputaran walikota Kupang hingga keesokan harinya, Jumat (11/8).

Jumat (11/8) pukul 09.00, jenazah akan diberangkatkan ke Waingapu dengan pesawat TransNusa. Seblum ke bandara, jenazah akan disemayamkan di Gedung KONI NTT, Jalan W.J. Lalamentik Kupang untuk mendapat penghormatan dari Pengurus KONI dan pengurus cabor olahraga anggota KONI.

“Pukul 09.30 menuju Bandara El Tari dan pukul 11.00 berangkat menuju Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu,” jelas Ketua Harian KONI NTT, Andre Koreh.
Rencana pemakaman, lanjut Andre, di Lai Hawu Lewa, Kabupaten Sumba Timur akan diberitakan tersendiri oleh keluarga setelah jenazah berada di tengah-tengah keluarga besar di Lewa, Sumba Timur. (joo/fmc/ito)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!