Beberapa Hari Lagi, Korut Serang AS – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

INTERNASIONAL

Beberapa Hari Lagi, Korut Serang AS

PYONGYANG, TIMEX-Korea Utara (Korut) sepertinya gemas banget dipandang sebelah mata oleh AS. Pemerintahan Kim Jong Un itu pun mengeluarkan pernyataan pedas. Mereka sedang dalam persiapan untuk menembakkan empat rudal ke perairan Guam yang merupakan bagian teritorial Amerika Serikat.

Peluncuran rudal itu akan berlangsung dalam beberapa hari kedepan. Dirilis kantor berita resmi Korut KCNA, rencana itu, bila terlaksana, akan menggunakan empat rudal balistik jarak menengah Hwasong-12. Rudal-rudal itu akan ditembakkan ke kawasan perairan AS sampai jarak 30-40 kilometer sebelum Guam.

Pernyataan terkini ini adalah balasan terkini berbagai perang komentar pedas dari presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Korut. Emosi Korut juga bertambah ketika PBB menjatuhkan sangsi kepada Korut.

Berbagai ancaman Korut itu sendiri ditanggapi dengan dingin oleh Amerika Serikat. AS yakin serangan tersebut hanya gertak sambal. Setidaknya itulah yang diungkapkan Menlu AS Rex Tillerson yang mendadak mampir ke Guam setelah mengunjungi Malaysia Rabu (9/8).

“Semua orang bisa tidur tenang nanti malam,” katanya. Soal pernyataan Presiden AS Donald Trump yang dianggap terlalu kasar dan bisa memprovokasi Korut, Tillerson berdalih bahwa kata-kata vulgar itu dipilih karena menyesuaikan gaya Jong-un. ”Karena sepertinya dia (Jong-un) tidak memahami bahasa diplomatik,” lanjutnya.

Keyakinan serupa diungkapkan penasihat keamanan Guam George Charfauros. Dia menegaskan, peluang serangan Korut benar-benar sampai di Guam hanya 0,000001 persen.

KCNA sendiri melengkapi laporannya dengan menampilkan detail mengenai penyerangan itu. Mereka akan meluncurkan rudal di atas Prefektur Shimane, Hiroshima, Koichi, Jepang.

Rudal akan terbang 3.356 kilometer selama 1.065 detik menunju sasarannya. Rencana itu akan dipresentasikan ke Kim Jong Un dan tinggal menunggu perintah pelaksanaannya. (jpg/lok)

Click to comment

Most Popular

To Top