Kamis Terima Surat Iban, Senin Tetapkan Cagub – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Kamis Terima Surat Iban, Senin Tetapkan Cagub

DUA SURAT. Pengurus DPD I Golkar NTT, Lorens Leba Tukan (kiri) mewakili Iban Medah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai anggota dan Ketua DPD I Golkar NTT yang diterima Sekretaris Golkar NTT, Thomas Tiba, Kamis (31/8).

IST

KUPANG, TIMEX-Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar akan menetapkan calon gubernur-calon wakil gubernur (cagub-cawagub) NTT untuk Pilgub 2018, Senin (4/8). Pada kesempatan yang sama juga akan ditetapkan calon bupati-wakil bupati untuk 10 kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun depan. Agenda ini dilaksanakan setelah Ketua DPD I Golkar NTT, Ibrahim Medah menyatakan mundur dari Partai Golkar, Kamis (31/8).

Ketua Harian DPD I Partai Golkar NTT, Mohammad Ansor kepada koran ini Kamis (31/8) mengatakan, pihaknya telah menerima surat pengunduran diri Ibrahim Agustinus Medah. “Kami telah menerima surat pengunduran diri dari Pak Medah. Atas nama Partai Golkar kami mengucapkan terima kasih atas pengabdian yang diberikan beliau selama ini,” kata Ansor.

Partai Golkar, lanjut anggota DPRD NTT itu, tentunya menghargai keputusan bekas Bupati Kupang dua periode dan Ketua DPRD NTT itu, karena sebagai politisi yang sudah berpengalaman tentunya memiliki perhitungan-perhitungan politik terkait Pilgub NTT 2018.

Ansor juga menyatakan, Partai Golkar di NTT tetap dalam kondisi yang solid dan kompak baik di internal jajaran pengurus DPD I NTT maupun 22 DPD II kabupaten/kota se-NTT sampai pada tingkat kecamatan dan desa/kelurahan.

Tentang posisi yang akan menggantikan Iban Medah sebagai Ketua DPD I NTT, Ansor menjelaskan, sesuai mekanisme organisasi, kewenangan itu berada di tingkat DPP untuk menentukan Pelaksana Tugas (Plt).

“Kami DPD I NTT telah menyampaikan laporan ke DPP dan menanti arahan dan petunjuk lebih lanjut dari DPP,” terang dia.

Ansor menyampaikan pada Senin (4/9), DPP Golkar akan menggelar Rapat Tim Pilkada Pusat yang akan mengundang DPD I NTT untuk menentukan Cagub/Cawagub NTT dan 10 Cabup/Cawabup yang akan mengikuti Pilkada serentak 2018.

“Dalam rapat Tim Pilkada Pusat pada Senin nanti itu baru dipaparkan hasil survei oleh LSI Deny JA. Saat itu DPP akan mengkaji dan menetapkan pasangan calon dengan mempertimbangkan koalisi dan dukungan masyarakat lewat survei tersebut,” beber Ansor.

Terkait koalisi di Pilgub, Ansor menyebutkan, Partai Golkar kemungkinan besar akan berkoalisi dengan Partai Nasdem untuk mengusung pasangan Jacki Uly-Melki Laka Lena. Sebelumnya, Golkar sudah menetapkan Melki Laka Lena untuk dua posisi yakni sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur. Posisinya apakah Cagub atau Cawagub disesuaikan dengan parpol koalisi dan figur yang diusung.

Dari informasi yang dihimpun koran ini, koalisi Golkar-Nasdem hampir pasti terwujud untuk Pilgub NTT 2018. Nasdem mencalonkan Ketua DPW Nasdem NTT, Jacki Uly sebagai calon gubernur untuk berpasangan dengan Melki Laka Lena sebagai calon wakil gubernur.

Terima Surat Iban

Sementara itu, DPD I Golkar NTT juga telah menerima surat pengunduran diri Iban Medah, baik sebagai anggota maupun sebagai Ketua DPD I Golkar NTT. Surat tersebut diterima DPD I Golkar NTT, Kamis (31/8).

Ketua Harian DPD Golkar NTT, Muhammad Ansor beberapa saat setelah menerima surat pengunduran diri Iban menjelaskan, Golkar sudah resmi menerima surat pengunduran diri Iban Medah. “Kami sudah terima surat pengunduran diri pak Iban Medah,” jelasnya.

Berdasarkan surat tersebut, demikian Ansor, pihaknya langsung menindaklanjuti dengan melaporkan ke DPP untuk diambil keputusan lebih lanjut. “Kami sudah laporkan dan teruskan ke DPP. Kami menanti pentunjuk dan keputusan selanjutnya,” kata Ansor.

Dia mengatakan, pihaknya atas nama Partai Golkar NTT mengucapkan terima kasih atas pengabdian Iban Medah yang telah diberikan kepada Golkar selama ini.

Kita hormati keputusan Pak Iban Medah. Beliau politisi senior dan sudah pasti punya pertimbangan yang matang untuk mundur diri dari Golkar,” terang dia. (joo/fmc/lok/ito)

Click to comment

Most Popular

To Top