PDIP Uji 42 Balon Kada 6 Kabupaten – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

POLITIK

PDIP Uji 42 Balon Kada 6 Kabupaten

SIAP BERSAING. Bakal calon Bupati Alor, Imanuel Blegur (kiri) dan Amon Djobo (kedua kiri) saat mengikuti fit and proper test di Gedung DPP PDIP, Jl. Diponegoro, Menteng, Jakpus, Jumat (8/9). Turut mendampingi Ketua DPC PDIP Kabupaten Alor, Enny Anggrek (kanan).

OBED GERIMU/TIMEX

Masih ada Pilgub dan 4 Kabupaten

JAKARTA, TIMEX – Pihak DPP PDIP melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap 42 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada enam dari 10 kabupaten di Provinsi NTT yang bakal menyelenggarakan Pilkada serentak 2018.

Kegiatan yang melibatkan tim dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) itu berlangsung di Lantai 5 Gedung DPP PDIP, Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/9).

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Hugo Pareira yang diwawancarai Timor Express, mengatakan tahapan fit and proper test dilakukan setelah menerima usulan DPD PDIP Provinsi NTT.

“Setelah fit and proper test terhadap para balon/paslon dari NTT, DPP akan lakukan survei untuk selanjutnya dibahas dalam rapat DPP,” jelas Andreas yang juga anggota Komisi I DPR RI.

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada DPD PDIP Provinsi NTT Yunus Takandewa kepada Koran ini, mengatakan, fit and proper test telah dilakukan kepada balon dari enam kabupaten sesuai dengan usulan DPD ke DPP, yaitu Kabupaten Kupang, Ende, Nagekeo, Sikka, Alor dan Sumba Barat Daya.

Kegiatan tersebut, jelas dia, sesuai hasil rapat DPD pada 31 Agustus lalu yang kemudian langsung direspon DPP dengan mengundang para balon.

“Totalnya ada 42 bakal calon yang ikut hari ini dan diundang resmi oleh DPP,” kata Yunus yang didampingi Chen Abubakar selaku Wakil Ketua DPD PDIP Provinsi NTT.

Ia menilai fit and proper test yang dilakukan DPP merupakan proses yang sangat bijak, karena psiko test dan wawancara dilakukan dengan melibatkan lembaga independen yang profesional.

DPD PDIP Provinsi NTT, lanjut dia, menilai fit and proper test telah dilakukan secara baik dan obyektifitas keputusan DPP juga akan diuji melalui survei.

“Jadi masih akan ada survei. Hari ini Desk Pilkada provinsi turut hadir mendampingi para balon sebagai bentuk komitmen kami terhadap prosedur formal di partai,” kata dia.

Terkait balon dari empat kabupaten lainnya, Yunus katakan pihaknya segera melakukan rapat dan menganalisa kajian terhadap dinamika politik di empat daerah tersebut, termasuk prasyarat untuk koalisi.

“Kalau kesiapan partai koalisi sudah oke, yang jelas kita akan naikan ke DPP,” imbuhnya.

Yunus lanjutkan, pihaknya bertanggungjawab penuh agar 10 Pilbup di NTT berjalan sesuai tahapan dan prosedur.

“Supaya tidak ada klaim, atau prosedur yang dihilangkan atau tidak diikuti oleh para balon, karena itu untuk menjaga proses formal ini tetap berjalan sesuai mekanisme partai,” tandasnya.

Terkait Pilgub NTT, Yunus katakan hingga saat ini masih dalam proses pembahasan di tingkat DPD, dan segera dilakukan rapat pleno secara lengkap.

“Kami masih mencermati dulu dinamika politik yang sementara terjadi. Kami tidak mau tergesa-gesa, karena politik NTT begitu dinamis dan itu membuat sikap partai untuk mencermati lebih mendalam supaya semua proses dilakukan secara matang,” kata dia sembari menambahkan pihaknya juga terus membangun komunikasi politik lintas parpol.

Sementara itu, balon Bupati Nagekeo, Gaspar Batu Bata yang diwawancarai, mengatakan dalam fit propert test dirinya telah menyampaikan visi dan misi tentang membangun daerah.

“Tadi kita diwawancarai satu-satu oleh lembaga independen beranggotakan para psikolog yang bekerja sama dengan DPP PDIP,” kata bekas Ketua DPRD Nagekeo.

Harapannya, fit and proper test yang dilakukan DPP berjalan obyektif dan tidak sebatas formalitas, sehingga mampu menggali lebih jauh niat dan kesungguhan seorang calon pemimpin.

“Prinsipnya kita menghormati tahapan yang ada. Semuanya berpulang kepada mekanisme partai,” imbuhnya.

Ia katakan, setiap balon mempunyai konsep atau visi misi membangun daerah. Dan ia pun sudah menyampaikan visi-misi dan starteginya membangun daerah.

Gaspar lanjutkan, hingga saat ini dirinya telah melakukan pendekatan dengan sejumlah figur untuk dijadikan pendampingnya.

Namun mengenai wakilnya, Gaspar mengaku kondisi Nagekeo mengharuskan semua parpol membangun koalisi.

“Soal wakil saya serahkan sepenuhnya kepada keputusan partai. Untuk itu kita juga memberikan ruang komunikasi dengan parpol lain untuk berunding dan menetapkan wakil bagi saya. Itu etika politik,” jelas dia.

Sementara itu, balon Bupati Ende Klemens Meba juga mengatakan, para balon menjalani tes psikologi termasuk diwawancara mengenai keberadaan balon dan bagaimana mengelola organisasi, khususnya tentang manajemen kepemerintahan dan otonomi daerah.

“Hal utama yang dibicarakan tadi adalah manajemen kepemerintahan dan otonomi daerah. Ini sangat membuka wawasan kami bakal calon. Tadi kami juga sampaikan visi-misi tertulis,” ungkap Klemens.

Bekas Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT itu mengatakan, hal lain yang ditanyakan dalam sesi wawancara adalah mengenai jumlah penduduk, jumlah DPT dan TPS, pemetaan wilayah dan komitmen dan kesetiaan terhadap Pancasila dan UUD 1945.

Pantauan Koran ini, hadir para balon dari Kabupaten Nagekeo, masing-masing Gaspar Batu Bata, Marsel Ado Wawo, Paslon Don Bosko Do-Benediktus Ceme dan Paslon Paulinus Yohanes Nuwa Veto – Marselinus Ajo Bupu (Paket PAS).

Dari Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), hadir Paslon Markus Dairo Talu – Gerson Tanggu Dendo (MDT-GTF), Paslon Kornelis Kodi Mete-Kristian Taka (Kontak) dan Paslon Ndara Tanggu Kaha-Eduard Ndapa Tady (Hati).

Sementara dari Kabupaten Kupang dihadiri Paslon Nelson Matara- Bernard Bait (Tirosa) dan Paslon Johanis Mase-Desy Balo Foeh.

Untuk Kabupaten Alor dihadiri Paslon petahana Amon Djobo-Imran Duru (Paket Amin) dan Paslon Imanuel Blegur-Taufik Nampira (Intan).

Sedangkan dari Kabupaten Ende dihadiri Paslon Marselinus Y.W Petu-Haji Djafar Haji Ahmad, Paslon Klemens Meba-Abdul Syukur, Paslon Don Wangge-Munawar, Anto Bata dan Ruben Resi. (joo/fmc)

Click to comment

Most Popular

To Top