Mantan Kepala BPPD TTU Diperiksa – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

RAKYAT TIMOR

Mantan Kepala BPPD TTU Diperiksa

Dugaan Korupsi Empat Paket Jalan Perbatasan

KEFAMENANU, TIMEX – Tunggakan penanganan dugaan korupsi empat paket proyek jalan perbatasan tahun anggaran 2013, mulai dibuka. Sejumlah saksi hadir memenuhi panggilan penyidik Kejari TTU untuk diambil keterangannya, Jumat (8/9).

Saksi yang diperiksa yakni mantan Kepala Badan Penanganan Perbatasan Daerah (BPPD) TTU, Fransiskus Tilis, kontraktor CV Viarie ruas jalan Nunpo section II, Helmi Melkianus dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Crisogomus Bifel yang sudah diperiksa sehari sebelumnya.

Sementara, saksi lainnya seperti konsultan pengawas, pejabat pengadaan termasuk saksi dari kontraktor dijadwalkan untuk diperiksa, pekan depan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) TTU, Taufik saat dikonfirmasi melalui Kasi Pidsus, Kundrat Mantolas menuturkan, Fransiskus dipanggil untuk didengar keterangannya sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang bertanggung jawab atas pelaksanaan empat proyek itu.

Dikatakan, materi pemeriksaan masih umum berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi sebagai KPA dan sejauhmana pengawasannya. Pemeriksaan belum selesai, sehingga pemeriksaan baru akan dilanjutkan hari berikutnya.

Sementara, saksi Helmi Melkianus, kontraktor CV Viarie berlangsung singkat. Sebab, pertanyaan penyidik tidak sanggup dijawab, sehingga pemeriksaan ditunda pekan depan.

“Sudah tiga saksi kita periksa. Tapi ada pertanyaan yang butuh data, sehingga pemeriksaan ditunda,” tandasnya.

Kundrat menuturkan, dari keempat proyek jalan perbatasan berpotensi terjadinya penyimpangan, sehingga pihaknya masih berkoordinasi dengan tim teknis dan akuntan publik untuk melakukan perhitungan kerugian negara.

“Kita masih koordinasi lagi dengan tim teknis dan akuntan publik. Nanti kita lihat lembaga mana yang kita harus pakai untuk menghitung kerugian itu,” tandasnya.

Empat paket jalan perbatasan yakni peningkatan ruas jalan Faenake-Banain A yang dikerjakan CV Pamitran dengan pagu sebesar Rp 1.310.002.000, ruas jalan kantor Kecamatan Bikomi Utara yang dikerjakan CV Kemilau Bahagia dengan pagu Rp 869.500.000, ruas jalan Saenam–Nunpo section II yang dikerjakan CV Viarie dengan nilai kontrak Rp 880.000.0000 dan peningkatan ruas jalan Saenam–Nunpo section III yang dikerjakan CV Tritunggal Abadi dengan nilai kontrak Rp 2.057.200.000. (mg24/ays)

 

Click to comment

Most Popular

To Top