Wacanakan Pabrik Semen Keempat di NTT – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

EKONOMI BISNIS

Wacanakan Pabrik Semen Keempat di NTT

FOTO PT.Semen Kupang:Dok TIMEX

Bobby:Kita Devisit 3,2 Juta Ton Semen
DPRD: Peluangnya Masih Sangat Besar

KUPANG, TIMEX-Saat ini produksi semen di seluruh wilayah di Indonesia melimpah, bahkan surplus. Hanya dua daerah yang masih selalu kekurangan semen, yakni Provinsi NTT dan wilayah Papua. Padahal, NTT sudah memiliki pabrik semen kebanggaannya, yani PT.Semen Kupang.

Demikian diungkapkan CEO Pitoby Group, Bobby Pitoby di depan puluhan investor asal Repulik Rakyat TIongkok (RRT) di Hotel Aston Kupang pekan lalu. Para investor yang dihadirkan oleh Konsulat jenderal (Konjen) RRT di Denpasar Bali itu menghadiri forum investasi litas tiga provinsi, yakni NTT, NTB dan Bali.

“Tahun 2017 ini produksi semen nasional mencapai 100 juta ton. Sementara kebutuhan nasional hanya sekira 76 juta ton. Tetapi pabrik semen lebih fokus di Jawa. Seharusnya di luar Jawa karena sekarang sudah surplus di Jawa,” kata Bobby.

Ironisnya, meski produksi semen sudah surplus, Provinsi NTT dan wilayah papua ternyata masih saja kekurangan semen. Padahal NTT, selain mendatangkan semen dari luar NTT, ada juga pabrik semen yang sudah beroperasi sekira 30 tahun di Kecamatan Alak Kota Kupang, yakni PT.Semen Kupang.

“Hanya NTT dan Papua di Indonesia Timur yang masih minus. Misalnya tahun 2017 ini produksi semen di Indonesia Timur hanya 2,1 juta ton. Padahal kebutuhan kami mencapai 5,3 juta ton. Artinya, devisit 3,2 juta ton,” papar Bobby.

Atas alasan inilah, Pitoby Group menawarkan investasi pabrik semen kepada para investor. Menurut Bobby, pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 400 hektare hingga 700 hektare di Desa Tesabela Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang.

Selain sudah menyiapkan seluruh dokumen perizinan hingga visibility study dan kepemilikan lahan, pihaknya sudah membuat perencanaan pabrik yang diberimana Semen Timor itu. “Nilai investasinya sekira Rp 1,3 triliun lebih,” terang Bobby kepada Timor Express.

Menanggapi hal ini, Anggota Komisi IV DPRD NTT, Jefry Unbanunaek kepada koran ini mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi niat baik dari para pengusaha untuk membangun industri semen di NTT, khususnya di Kupang.

Menurut politikus PKPI itu, setiap industri yang dibangun di NTT, akan sangat membantu masyarakat, karena menyerap tenaga kerja. Selain itu, harga semen akan lebih bersaing. “Yang pasti konsumen yang diuntungkan kalau semakin banyak pabrik semen di NTT. Tetapi jangan lupa, kalau semakin banyak pabrik, berarti kualitas semen juga harus lebih baik,” kata Jefry.

Rencana pembangunan Semen Timur menambah daftar pabrik semen di NTT, khususnya di Kupang. Betapa tidak, NTT sebelumnya sudah memiliki PT Semen Kupang I yang kolaps sekira tahun 2008. Selanjutnya, perusahaan tersebut dikelola PT.SAG yang sering disebut PT.Semen Kupang II. Tahun 2016, PT.Semen Indonesia merencanakan pembangunan PT.Semen Kupang Indonesia di Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Mencakup tiga desa, termasuk desa Kuanheum. Sayang, hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan dimulainya pembangunan pabrik semen yang direncanakan menelan dana lebih dari Rp 1 triliun itu.(cel)

Click to comment

Most Popular

To Top