15 September Pendaftaran Calon Dibuka – Timor Express

Timor Express

SPORTIVO

15 September Pendaftaran Calon Dibuka

9-10 Desember Kongres Asprov PSSI NTT Digelar

KUPANG,TIMEX – Asprov PSSI melalui Komite Pemilihan Ketua telah menetapkan jadwal dan tahapan proses pemilihan Ketua Asprov PSSI NTT.
“Proses pendaftaran calon akan dimulai tanggal 15 September – 25 Oktober 2017,” ungkap Wakil Ketua Komite pemilihan, Yitno Wada saat dihubungi koran ini, Selasa kemarin.
Yitno menjelaskan, jadwal dan tahapan ini ditetapkan dalam Rapat Komite Pemilihan Ketua Asprov PSSI NTT yang dilaksanakan, Sabtu (9/9) di Kupang.

Setelah tahapan pendaftaran yang berakhir 25 Oktober, selanjutnya panitia akan melakukan tahapan verifikasi dokumen.
“Yang akan melakukan verifikasi adalah Komite Pemilihan mulai tanggal 26-28 oktober 2017. Dan hasil verifikasi ini, oleh komite pemilihan akan diumumkan tanggal 29 oktober,” urainya.

Masih menurutnya, jika nantinya hasil verifikasi ini diumumkan, ada pihak yang merasa keberatan dengan hasil, dalam hal ini Asosiasi Kabupaten (Askab)/Asosisasi Kota (Askot) dan klub selaku pemilik suara dengan hasil verifikasi, maka bisa melakukan banding.

“Proses Banding baru dilakukan jika ada keberatan dari Askab/askot/Klub pemilik suara mulai tanggal 30 oktober – 1 November 2017. Dan sidang penentuan banding lakukan tanggal 2-3 November 2017.” bebernya.

“Sedangkan pengumuman final Calon Ketua, Wakil Ketua dan Anggota Exco dilakukan tanggal 10 November,” tambahnya.
Calon final inilah kata Yitno yang nantinya akan dibawa dalam Konggres Asprov PSSI untuk mengikuti proses pemilihan, dimana Kongres ini dijadwalkan akan di gelar tanggal 9-10 Desember 2017.

“Sejauh ini belum ada figur yang mendaftar dan juga belum kelihatan kira-kira bakal calon siapa yang akan diusulkan oleh Askab/Askot maupun maupun klub sebagai pemilik suara di konggres nantinya,” terangnya.

Untuk bisa didaftarkan sebagai calon jelasnya lagi, harus bisa memenuhi kriteria yang sudah diputuskan dan ditetapkan oleh Komite Pemilihan, dan memenuhi syarat antara lain ;
Aktif dalam sepakbola selama kurun waktu 5 tahun terakhir, memiliki KTP di wilayah NTT, dan tidak sedang menjalani hukuman dan atau pernah menjalani hukuman pidana.
“Setiap orang berhak mendaftar, asalkan memenuhi kriteria dan persyaratan tersebut. Dan pendaftaran harus melalui Askab/Askot selaku pemilik suara.
atau sepanjang diakomodir oleh Askab/Askot,” paparnya.

“Karena yang berhak mengajukan calon adalah Askab/Askot maupun klub anggota Asprov PSSI NTT sebagai pemiliki suara,” terangnya.
Setiap calon yang diajukan lanjutnya, harus mengisi Formulir A-1 sebagai deklarasi dukungan calon ketua, A-2 calon wakil ketua dan A-3 calon anggota exco.

“Seluruh Formulir ini dalam waktu dekat akan disampaikan oleh Komite Pemilihan kepada masing-masing anggota Asprov, seingga bisa segera melakukan penjaringan Calon sebelum didaftarkan ke Komite,” ungkapnya.

Yitno juga menegaskan, dalam bekerja Komite Pemilihan akan bekerja secara independen dan tidak akan diintervensi oleh kepentingan politik manapum demi kemajuan sepakbola di NTT.(rum)

Click to comment

Most Popular

To Top