Bandara El Tari Kelebihan 600 Ribu Penumpang – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

Bandara El Tari Kelebihan 600 Ribu Penumpang

Wahyudi

Segera Dibangun Dua Lantai

KUPANG, TIMEX-Kapasitas Bandara El Tari Kupang tidak mampu lagi menampung jumlah penumpang yang datang maupun berangkat. Bahkan kelebihan penumpangnya mencapai 600 ribu orang dalam satu tahun.

Hal ini menurut General Manager (GM) PT.Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang, Wahyudi sebagai alasan utama untuk memperluas bandara terbesar di NTT itu.
Wahyudi yang diwawancarai Selasa (12/9) mengakui, saat ini perencanaan final masih diproses di Jakarta. Namun dia pastikan, proses pembangunan Bandara El Tari dimulai akhir tahun 2017 ini.

“Rencana perluasan Bandara El Tari Kupang dari 7.400 meter persegi menjadi 15.000 meter persegi. Harusnya dimulai September-Oktober, tetapi meleset karena detail desain masih ada perubahan lagi. Semoga dalam waktu satu bulan ini sudah bisa supaya November mulai,” jelas Wahyudi.

Dia jelaskan, saat ini dengan luas yang ada, Bandara El Tari hanya mampu menampung 1,3 juta penumpang per tahun. Padahal jumlah penumpang terus tumbuh. Bahkan tahun 2016, tumbuh lebih dari 20 persen, sehingga sudah mencapai 1,9 juta penumpang per tahun. “Artinya, kita overload 600 ribu penumpang,” sambung Wahyudi.

Dia pun bersyukur, karena pertumbuhan penumpang mengindikasikan dampak positif dari pertumbuhan ekonomi di NTT. Namun dengan kapasitas bandara yang ada, pihaknya memastikan tidak bisa ditawar lagi untuk diperluas secepatnya.

Saat ini, bandara tersebut mampu menampung 12 pesawat yang parkir setiap pagi. Namun hanya terisi 10 karena satu maskapai, yakni Kalstar sudah tidak terbang lagi dari Kupang.

Wahyudi kembali pastikan, dengan perluasan bandara nanti, penerbangan pasti bertambah, sehingga harus ada penambahan apron. Jika jumlah pesawat parkir bertambah, akan membuka peluang masuknya penerbangan atau maskapai lain. Dia sebutkan, saat ini pihaknya melayani 70-75 penerbangan setiap hari. “Penambahan apron itu sangat pasti, karena kalau ada tambahan apron, maka otomatis penumpang semakin banyak dan harga tiket turun,” bebernya.

Ditanya lagi terkait desain perluasan bandara, dia jelaskan, Bandara El Tari akan dibangun dua lantai. Masing-masing, lantai satu untuk check in penumpang dan lantai dua untuk boarding sekaligus ruang tunggu. Dalam desain sebelumnya, diperkirakan akan menghabiskan dana lebih dari Rp 100 miliar. Namun dengan adanya perubahan desain, Wahyudi belum bisa menyebut berapa anggaran yang dibutuhkan. “Perubahan desain ini karena kami ingin bagian dalamnya lokal conten lebih terisi,” tutup dia.(cel)

Click to comment

Most Popular

To Top