NasDem Tak Terganggu Marianus Sae – Timor Express

Timor Express

POLITIK

NasDem Tak Terganggu Marianus Sae

Lakukan Survei Independen

JAKARTA, TIMEX-Kesiapan Bupati Ngada Marianus Sae maju dalam Pilgub NTT 2018 cukup mengganggu konsentrasi partai politik dan para kandidat yang bakal maju dalam hajatan politik lima tahunan itu. Konstalasi politik seperti dimulai dari nol.

Namun, Partai Nasdem menegaskan, mereka tidak terganggu dengan gerakan Marianus Sae yang mulai aktif ini. Termasuk baru saja (Senin, 11/9) melakukan pertemuan dengan Ketua DPP Nasdem Victor Bungtilu Laiskodat di Kupang. Nasdem tetap mencalonkan Ketua DPW Nasdem, Jacki Uly sebagai calon gubernur.

DPP Partai NasDem kembali menegaskan tidak ada figur lain selain Jacki Uly yang diusung sebagai Cagub NTT. Penegasan ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai NasDem, Johnny G. Plate menanggapi rumor adanya figur lain yang mengancam posisi Cagub yang sudah diputuskan partai besutan Surya Paloh itu.
“Calon NasDem Jacki Uly,” tegas Johnny saat diwawancara Timor Express di Jakarta, kemarin (12/9). Anggota Komisi XI DPR RI itu mengatakan, NasDem masih akan terus melakukan survei untuk mengetahui elektabilitas bakal calon yang diusung.

“Survei masih terus berlangsung. NasDem juga akan melakukan survei independen yang tidak melibatkan bakal calon,” terang Johnny.
“Pak Jacki juga baru mulai sosialisasi dan membutuhkan sedikit waktu lagi sebelum disurvei. Wajar saja jika elektabilitasnya belum naik karena memang belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh di NTT,” lanjut dia.

Sosok yang juga Wakil Ketua Fraksi NasDem itu menjelaskan, survei dilakukan NasDem dengan melibatkan lembaga survei nasional. “Saat ini pun sedang ada survei untuk kabupaten. Bakal calon akan diberitahu hasil survei, bukan sebelum survei,” jelas dia.
Ditanya apakah NasDem juga akan mempertimbangkan figur lain seperti Bupati Ngada Marianus Sae yang baru saja melakukan pertemuan dengan Ketua DPP NasDem Viktor Bungtilu Laiskodat, kembali Johnny menegaskan pertemuan tersebut hanya sebatas persahabatan politik.

“Persahabatan politik kami bangun dengan semua tokoh NTT untuk kepentingan NTT secara keseluruhan,” jawab dia berdiplomatis.
Sementara itu, mengenai komunikasi politik antara DPP NasDem dan DPP Partai Golkar terkait koalisi di Pilgub NTT, Johnny mengatakan, dalam waktu dekat pimpinan kedua partai di tingkat pusat segera memberikan keputusan.

“Keputusan di tingkat DPP dan akan diumumkan pada saat yang tepat. Mudah-mudahan bisa segera deklarasi,” sebut alumni Unika Atma Jaya Jakarta itu.
Johnny kembali menegaskan bahwa NasDem tetap konsisten dengan keputusannya menetapkan Jacki Uly sebagai Cagub. “Sekali lagi NasDem mengusung Jacki sebagai calon gubernur,” sebutnya.

NasDem, lanjut dia, terus membangun kerja sama politik dengan Golkar untuk mewujudkan koalisi di Pilgub NTT. “Survei masih beberapa kali lagi akan dilakukan. Kerja sama politik NasDem dan Golkar akan solid di NTT,” pungkas Johnny.

Jacki-Melki Final

Koalisi Partai Nasdem dan Golkar yang mengusung pasangan Jacki Uly-Melki Laka Lena sebagai balon Gubernur dan Wagub NTT diyatakan final. Hal itu terjadi karena kedua petinggi partai sudah menyepakati koalisi untuk mengusung kader sendiri. Untuk diketahui, Jacki Uly merupakan Ketua DPW Nasdem NTT dan Melki Laka Lena merupakan Wasekjen DPP Golkar.

Ketua Bappilu DPW Nasdem NTT, Alex Ena yang dihubungi koran ini, Selasa (12/9) mengatakan, koalisi Nasdem dengan Golkar sudah final, termasuk pasangan bakal calon, Jacki Uly-Melki Laka Lena. “Koalisi kedua partai dan figur yang diusung sudah final,” papar dia.

Dikemukakan, karena sudah final paket tersebut, maka tidak ada lagi peluang bagi figur lain untuk diusung oleh kedua partai politik. “Kita sudah final, jadi tidak ada survei apa pun lagi,” paparnya.

Disebutkan, kepastian koalisi Nasdem Golkar untuk Jacki-Melki disampaikan Ketua DPP Nasdem, Viktor B. Laiskodat saat memimpin rapat bersama pengurus DPW Nasdem NTT, di kantor Nasdem NTT, Senin (11/9). “Dalam rapat, Pak Viktor sudah sampaikan kalau koalisi dan paket Jacki-Melki sudah final,” kata dia.

Dilanjutkan, antara DPP Nasdem dan Golkar sudah membicarakan hal itu dan tidak ada perubahan soal paket, apalagi melakukan survei untuk mengusung figur di luar yang ada.
Masih menurutnya, dalam rapat yang dipimpin Ketua DPP Nasdem itu, sempat dipertanyakan soal beredarnya baliho Melki-Jacki di beberapa daerah. Namun, ditegaskan kalau Jacki-Melki sudah final untuk bertarung dalam Pilgub NTT 2018 mendatang. “Pak Viktor juga langsung telepon Pak Melki di hadapan kami. Semua solid untuk berjuang,” terang dia.

Saat ini, kata Victor, pihaknya terus berkomunikasi dengan DPP untuk kepentingan kedua calon yang diusung. Pihaknya hanya menunggu keluarnya keputusan dari kedua partai. Jika telah ada, maka langsung disambut dengan deklarasi. “Kita juga sedang bersiap-siap untuk deklarasi. Kalau keputusan sudah keluar, maka kami langsung sambut dengan deklarasi. Kita tidak main-main untuk pasangan Jacki-Melki,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, dia meminta semua jajaran Nasdem untuk terus bekerja demi memenangkan paket Jacki-Melki di seluruh wilayah NTT. “Mari bersatu dan bekerja untuk paket Jacki-Melki,” pungkasnya. (joo/fmc/lok/ito)

Click to comment

Most Popular

To Top