Kemenristekdikti Tanpa Jago, 4 Balon Siap Legowo – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

RAGAM

Kemenristekdikti Tanpa Jago, 4 Balon Siap Legowo

KANDIDAT REKTOR UNDANA. Dari kiri, Dr. Pius Bumi Kellen,Dr. Melkisedek N.B Neolaka,Dr. Arnoldus Manu dan Prof. Fredik Benu saat pemaparan visi misi dan program kerja di aula Utama Undana, Rabu (13/9).

FERDY TALOK/TIMEX

Hari Ini Pemilihan Rektor Undana

KUPANG, TIMEX-Empat Bakal (Balon) Rektor Undana menjalani sesi pemaparan visi dan misi serta program kerja dihadapan Senat Undana, dalam rapat Senat Terbuka Luar Biasa, Rabu (13/9) di Aula Utama Undana Kupang.

Adapun empat balon yang menyampaikan visi dan misi serta program kerja masing-masing, Dr.Ir. Arnoldus E. Manu, M.Si, Prof. Ir. Fredrik L. Benu, MSi, Dr. Melkisedek N.B. Neolaka, M.Si dan Dr.Drs. Pius Bumi Kellen, M.Si.

Pantauan koran ini, selain mamaparkan visi dan misi serta program kepada Senat Undana, juga kepada delegasi Menristekdikti, yakni Sesdirjen, Yusrial Bhaktiar dan Asisten Komisioner Bidang Mediasi dan Perlindungan KASN, Anton Sunaryanto.

Turut hadir puluhan dosen dosen dan mahasiswa serta mantan karyawan Undana.

Penyampaian atau pemaparan visi dan misi serta program kerja, maupun sesi tanya jawab dilakukan sesuai urutan nomor urut, dengan durasi waktu masing-masing sekira 1 jam. Rapat senat terbuka luar biasa itu tuntas sekira pukul 15:45 Wita.

Tiga Balon Rektor yang ditemui terpisah oleh wartawan koran ini mengemukakan, pihaknya sudah siap menerima hasil penyaringan Kamis (14/9) besok (Hari ini). “Kami sudah siap untuk terima apapun hasilnya,” kata tiga balon rektor masing-masing dr. Arnoldus Manu, Melkisedek Neolaka dan Pius Bumi Kellen.

Dikemukakan, pihaknya tidak akan mempersoalkan apapun hasil pemilihan senat maupun Kemenristekdikti. Pasalnya, semua merupakan kepercayaan dari senat dan Kemenristekdikti. “Ini kepercayaan senat dan Kemenristekdikti. Jadi kami serahkan dan hormati pilihan senat nanti,” ungkap mereka.

Sementara itu, Prof. Fred Benu kepada koran ini mengaku, pihaknya siap menerima hasil pemilihan yang akan dilakukan Kamis hari ini. Dan terkait peluang, semua fifty-fifty. “Soal peluang jelas kami berampat sama,” tuturnya.

Karena itu, dia menyerahkan semua kepada Senat Undana untuk menentukan pilihan dalam rapat senat nanti.

Menyoal peluangnya yang begitu besar untuk kembali memimpin Undana, dia enggan menjawabnya. “Itu kalian wartawan yang bilang. Bukan saya,” ujarnya bercanda.

Sementara itu, Sesdirjen, Yusrial Bhaktiar ketika diminta komentarnya soal siapa yang menjadi jagoan Menstisktekdikti dalam suksesi pemilihan rektor Undana 2017, dia mengemukakan, yang pastinya Kemenristekditi tidak memiliki jagoan siapapun. Pasalnya, semua yang ada terbaik untuk menjadi rektor nanti. “Semua terbaik. kita tidak ada jagoan disini,” papar Yusrial.

Bagi Kemenristekdikti, rektor terpilih nanti, bisa membawa Undana maju dan setara dengan kampus lain di Indonesia.

Ditanya tentang siapa yang akan dipilih Kemenristekdikti dengan porsi suara yang mencapai 35 persen, Yusrial menjelaskan, untuk memilih itu merupakan hak prerogatif Menteri. “Menteri yang punya hak prerogatif. Kita ini hanya delegasi. Kita tunggu setelah hasil penyaringan Kamis besok (Hari ini),” pungkas dia.

Sementara itu, Balon Rektor Undana, Arnoldus E. Manu dalam paparan visi dan misinya lebih menekankan pada beberapa hal penting yakni, pertama, penataan kelembagaan, pengembangan suasana kerja, pengelolaan tata kelola agar sesuai dengan good governance. Disamping itu, dirinya akan melakukan peningkatan mutu akademik dan kemahasiswaan serta peningkatan pendapatan kampus.

Sementara itu, Prof. Alfred Benu dalam paparan menekankan sejumlah hal diantaranya, optimalisasi penyelengaraan pelayanan pendidikan dan pengabdian yang berbasi hasil penelitian. Selanjutnya, peningkatan mutu sumber daya dengan penyelenggaraan reformasi birokrasi. Selain itu, Prof Benu juga menekankan adanya vitalisasi manejemen mutu, perbaikan budaya dan iklim akademiik, peningkatan layanan kesejahteraan, minat dan bakat serta pengembangan unit bursa kerja.

Benu juga menekankan pada revitalisasi peran jurusan dan prodi dan pusat-pusat penelitian pada masayarakat. Terakhir, pengembangan jejaring kerja sama, serta pengembangan keunggulan prodi dan pusat-pusat penelitian.

Balon Rektor Undana, Melkisedek B. Neolaka dalam pemaparannya mengemukakan dirinya ingin Undana miliki ikon Undana, dalam misi global. Selain itu, dia akan melakukan redefenisi misi dan tata kelola Undana. Selain itu, dia mengemukakan, saat ini semua jajaran Undana terbatas dalam mengakses jurnal-jurnal internasional yang terindeks. Dirinya akan berupaya agar karya ilmiah bisa terbit pada jurnal-jurnal internasional, agar kualitas dosen terus meningkat. Dirinya juga menekankan pada aspek sarana dan prasarana yang perlu terus dibenahi, termasuk aspek akademik yang menurutnya masih tertinggal.

Calon Rektor Pius Bumi Kellen merupakan balon rektor yang terakhir memaparkan visi dan misi serta program kerjanya. Dia menggemukakan, hingga kini penataan tenaga pendidikan program studi belum sesuai standar, termasuk pengelolaan penggunaan ruang dan sarana penunjang. Karena itu, akan menjadi perhatian serius dirinya. Selain itu, dirinya akan menuntaskan masalah listrik maupun jaringan internet. Jika listrik dan internet aman, maka pengembangan informasi dan teknologi berjalan baik. Selain itu, dia menekankan pengadaan buku panduan kuliah dan tugas akhir serta peningkatan kegiatan belajar mengajar, juga tata kelola keuangan. Dia juga akan melakukan revitalisasi Kopma undana dan melibatkan mahasiswa. Lebih dari itu, dia siap menjalankan Undana sebagai Badan Layanan Usaha (BLU). (lok)

Click to comment

Most Popular

To Top