Penyidik Dalami Laporan Jonas Salean – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Penyidik Dalami Laporan Jonas Salean

Dugaan Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik

KUPANG, TIMEX-Pengaduan mantan Wali Kota Kupang Jonas Salean ke unit Cyber Crime Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda NTT sementara dilidik penyidik cyber crime Polda NTT. Pengaduan Jonas ini terkait adanya postingan yang mengandung ujaran penghinaan dan pencemaran nama baik untuk dirinya. Jika sudah ditemukan adanya bukti permulaan yang cukup, maka kasus dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik itu akan segera ditingkatkan ke penyidikan.

“Iya benar. Ada pengaduan dari seseorang atas nama Jonas Salean, warga RT 24/RW 07, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang ke unit cyber crime Polda NTT, Selasa (12/9) petang. Pengaduan itu saat ini masih dilidik oleh penyidik cyber crime Ditkrimsus Polda NTT,” ujar Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol. Jules A. Abast kepada Timor Express, di Kupang, Rabu (13/9).

Pengaduan Jonas Salean, sebut Jules, diterima penyidik Subdit II Ditkrimsus Polda NTT. “Pengaduan Jonas Salean itu karena adanya ujaran penghinaan dan pencemaran nama baik oleh salah satu akun di media sosial facebook (Medsos Fb). Penyidik masih lidik pengaduan Jonas Salean. Yang jelas, penyidik juga akan hati-hati karena namanya media sosial, bisa saja nama yang ada pada akun tersebut sengaja dipakai oleh pihak lain yang mengatasnamakan orang tertentu. Jika sudah terbukti, maka akan segera ditingkatkan status kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan,” ujar perwira dengan tiga melati di pundak ini.

Mantan Kapolres Manggarai Barat ini menjelaskan, jika terbukti maka oknum yang menggunakan akun tersebut akan ditindak sesuai pasal yang berlaku. “Pasal untuk kasus yang diadukan Jonas Salean yakni Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) undang-undang Nomor 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE),” pungkas Jules.

Jonas Salean melaporkan pemilik akun facebook atas nama ‘Ferdinandpello’ ke Polda NTT, Selasa (12/9) pukul 16.30 Wita. Laporan itu karena akun tersebut berisi komentar yang menurut Jonas telah mencemarkan nama baiknya. (gat/ito)

Click to comment

Most Popular

To Top