Poros Baru Belum Bahas Paket – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

POLITIK

Poros Baru Belum Bahas Paket

KUPANG, TIMEX-Koalisi Poros Baru yang digagas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Hanura dan PKPI hingga kini belum membahas bakal calon gubernur-Wagub NTT secara bersama. Hal ini terjadi karena masing-masing partai belum mengajukan jagonya masing-masing untuk dibahas bersama.

Demikian dikatakan Ketua DPW PKB NTT, Yucundianus Lepa saat dihubungi Senin (18/9). Dikemukakan Yucun, PKB hingga kini belum menetapkan siapa yang akan disodorkan ke poros baru. Apalagi kini muncul salah satu kandidat baru, Marianus Sae yang bisa dijual ke koalisi poros baru. “Kita belum ajukan siapa pun ke poros baru. Bukan kami saja, dari Hanura dan PKPI juga belum,” terang dia.

Yucun juga membantah poros baru terancam pecah karena masing-masing akan mempertahankan kepentingannya. Hal itu dilihat dari semakin banyaknya figur yang melamar. Namun, menurut Yucun, tiga Parpol yang bergabung dalam poros baru itu akan tetap solid. “Kita akan bicarakan bersama untuk mencapai solusi bersama,” tegasnya.

Saat ini masing-masing sedang berproses. Dirinya sendiri sedang mengkonsultasikan ke DPP terkait Pilgub NTT. Hal ini penting untuk mendapat arahan lebih lanjut soal koalisi, termasuk Balon yang akan diusung dan diajukan oleh PKB. “Kita ingin dapat petunjuk lebih jauh soal Pilgub NTT. Besar harapan ada signal positif untuk pencalonan gubernur dan wakil gubernur nanti,” sebutnya.

Anggota DPRD NTT itu menjelaskan, pihaknya hingga kini belum mengetahui arah pasti koalisi PKB, selain poros baru yang telah dibangun. Pasalnya, semua merupakan domain DPP, dengan memperhatikan masukan dari DPW PKB NTT.

Selain mengkonsultasikan Pilgub, pihaknya juga menyampaikan laporan soal kesiapan dalam Pilkada di 10 kabupaten di NTT. Hal ini untuk memperjelas arah koalisi sebab semua dokumen para Balon telah diajukan ke DPP. Jika telah ada keputusan DPP, maka merupakan sebuah kemajuan demi mempercepat kerja tim di daerah.

Menyoal keseriusan poros baru jelang Pilgub? Yucun kembali menegaskan, poros baru masih tetap berjalan, namun semua masih menunggu usulan dari partai koalisi. Dari situ, tiga partai itu akan membahas siapa yang terbaik untuk didorong maju untuk memenangkan Pilgub NTT. “Poros baru baik-baik saja. Hanya saja semua masih berproses di internal partai,” terang Yucun.

Sementara itu, Ketua DPP PKPI NTT, Yan R. Mboeik yang dikonfirmasi soal keputusan koalisi dan Paslon yang diajukan mengemukakan, hingga kini DPN PKPI belum menentukan seperti apa koalisi maupun pasangan calon yang akan diusung. Dia melanjutkan, untuk koalisi dan mengusung Paslon, keputusan akhir ada pada DPN.

PKPI NTT masih terus membangun komunikasi dengan semua Balon yang mendaftar. Juga dengan DPN terkait peluang-peluang politik. “Di partai kita belum ada keputusan apa pun. Kami di DPP juga masih menunggu seperti apa keputusan politik dari DPN,” tukasnya.

Dia menjelaskan, DPP PKPI saat ini terus menunggu seperti apa petunjuk dan keputusan dari DPN. Jika arah DPN telah ada, pastinya akan segera dikomunikasikan dengan partai koalisi, maupun Paslon yang didukung PKPI dalam Pilgub 2018 mendatang. (lok/ito)

Click to comment

Most Popular

To Top