Anak-anak Harus Menjadi Sasaran Kegiatan Sosialisasi Germas – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Anak-anak Harus Menjadi Sasaran Kegiatan Sosialisasi Germas

GERMAS : Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka, P. Frida Fahik nampak memberikan materi tentang pola hidup sehat pada kegiatan sosialisasi Germas di Betun pada Senin (2/10)

BETUN, TIMEX-Kegiatan sosialisasi gerakkan masyarakat hidup sehat (Germas) diminta untuk tidak boleh berhenti atau hanya dilakukan di tingkat kabupaten tetapi harus dilakukan sosialisasi serupa ditingkat kecamatan dan desa dengan sasaran harus pada anak-anak dan masyarakat didesa.

Permintaan itu diungkapkan Sekda Malaka Donatus Bere saat membuka kegiatan sosialisasi Germas di aula susteran SSps Betun, Senin (2/10) pagi. Menurut Donatus, jika sosialisasi dengan sasarannya hanya pada kalangan pejabat pemerintah maka sebaiknya kegiatan tersebut tidak perlu dilakukan. Alasanya, kegiatan germas itu sudah dilakukan sejak tahun 80-an dan semua pejabat esalon pasti sudah mengerti dan menjaga pola hidup sehatnya.

“Kegiatan sosialisasi Germas ini harus sasarannya pada anak-anak sekolah dan masyarakat di desa. Jangan sosialisasi buat kita yang sudah mengerti begini. Oleh sebab itu, kegiatan ini harus dilanjutkan ke tingkat kecamatan dan desa agar manfaatnya bisa dirasakan masyarakat,” tegas Donatus.

Dirinya meminta dinas kesehatan untuk melakukan koordinasi baik dengan tingkat desa maupun kecamatan agar bisa melakukan kegiatan serupa. Pihak Desa bisa menganggarkan dana melalui dana desa untuk kegiatan sosialisasi.

“Di Desa itu sudah ada dana desa, jadi bisa untuk kegiatan sosialisasi Germas. Ajar anak-anak kita untuk bagaimana mengatur pola hidup yang sehat,” pungkasnya.
Sementara itu Kadis Kesehatan kabupaten Malaka, P. Frida Fahik kepada wartawan disela-sela acara pembukaan kegiatan sosialisasi Germas menghimbau agar masyarakat dapat mengimplementasikan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari mulai dari dalam lingkungan keluarga yang paling kecil, kantor, kelompok-kelompok masyarakat dimana setiap orang berada.

“Pola hidup sehat itu harus tetap diingatkan dari waktu ke waktu oleh seluruh warga guna menciptakan masyarakat yang sehat,” ujar Frida.

Kadis Frida mengatakan salah satu tujuan dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi itu yakni membangkitkan semangat dan gerakan hidup sehat dalam masyarakat diantaranya baik aktifitas fisik dan pola hidup sehat seperti tidak merokok disembarangan tempat, tidak mengkonsumsi alkohol.

Dirinya mengatakan dalam kegiatan sosialisasi itu, pihaknya melibatkan seluruh pimpinan Perangkat Daerah, Camat, Kepala Puskesmas dan desa sehingga diharapkan setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini bisa menjadi corong penyampaian informasi itu kepada masyarakat dalam setiap aktifitas di kantor dan kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Kegiatan Sosialisasi itu dibuka Sekda Malaka, Donatus Bere dan didampingi Kepala dinas kesehatan Malaka, P. Frida Fahik, hadir juga Staf Dinas Kesehatan Provinsi NTT, I Made Sumiartha, utusan pejabat OPD lingkup pemkab Malaka, para camat se-kabupaten Malaka dan beberapa perwakilan lembaga keuangan yang berada di kabupaten Malaka. (kr13/opi)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!