HIPMI NTT Perkuat Bisnis Melalui Aplikasi – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

HIPMI NTT Perkuat Bisnis Melalui Aplikasi

SEPAHAM.Ketua Umum BPD HIPMI NTT, Fahmi Abdullahi didampingi pengurus saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan CEO Betajual di Celebes Resto Kupang, Selasa (3/10).

CARLENS BISING/TIMEX

Gandeng aplikasi Betajual Kupang

KUPANG, TIMEX-Era digital tidak bisa dibendung, apalagi dihindari. Dunia usaha ditantang untuk terus berinovasi dan memperkuat diri dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Saat ini, bisnis berbasis online merajalela dan menawarkan berbagai kemudahan. Promosi hingga jual beli menggunakan aplikasi perlahan menguasai pasar. Hal ini menurut Ketua Umum BPD NTT, Fahmi Abdullahi sebagai tantangan sekaligus motivasi bagi para pengusaha muda untuk terus maju.

“Ke depan, bisnis berbasis aplikasi, makanya HIPMI kerja sama dengan beta jual ini. Nanti seluruh bisnis anggota HIPMI akan dimasukkan ke aplikasi Betajual sehingga bisa mempermudah proses pemasaran,” kata Fahmi usai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan CEO Betajual, Audrey Salean di Celebes Resto Kupang, Selasa (3/10).

Fahmi menambahkan, Betajual yang dibuat oleh AUdrey Selan memiliki banyak keunggulan dan sangat membantu kelancaran dalam usaha. Selain itu, aplikasi tersebut merupakan hasil karya anak Kupang yang harus diapresiasi. “Lewat aplikasi Betajual. anggota kami bsia promosikan usaha yang mereka miliki kepada masyarakat luas secara mudah dan gratis,” sambung Fahmi yang mengajak anak-anak muda untuk terus mengadu kreatif dan berani menjadi pengusaha di usia muda.

Menurut Fahmi, mindset pengusaha seharusnya sudah mulai ditanam sejak usia belia lewat kegiatan-kegiatan positif, yang dapat membawa dampak pada kehidupan pribadi dan masyarakat sekitar.

Sementara Audrey Salean yang merupakan siswa kelas IX SMP Lentera Harapan Kupang menceritakan, aplikasi Betajual lahir ketika dirinya kesulitan mencari guru les matematika di Kupang. Bahkan dia bersama orangtuanya harus bertanya ke mana-mana.

Dari pengalamannya itu, timbul ide menciptakan aplikasi yang bisa memuat informasi-informasi atau data-data yang dibutuhkan. Selanjutnya, Audrey mulai mendesain aplikasi secara sederhana yang dibantu langsung oleh sang ayah, Deny Salean yang kebetulan seorang konsultan IT.
“Memang agak lama membuatnya, karena kesibukan saya di sekolah, tapi akhirnya terciptalah aplikasi Betajual seperti sekarang ini,” kata Audrey, Alpha Zetizen NTT yang terpilih menjadi Alpha Zetizen Of The Year 2017 yang akan berangkat ke New Zealand, akhir November 2017

Audrey jelaskan, saat ini ada sekira 1.021 pelaku UKM yang telah terdaftar di aplikasi tersebut. Dia sebutkan, jenis usaha yang tersedia, seperti usaha air tanki, tambal ban, krans bunga, tukang batu/kayu, service AC/elektronik, guru les, penjahit, salon, perumahan, tukang kue dan banyak lagi. Di dalam aplikasi tersebut tersedia 15 kategori usaha dan 108 sub kategori. “Kami berharap, lewat kerja sama dengan HIPMI NTT, pelaku usaha yang terdaftar bisa mencapai 2.500 UKM. Apalagi ini untuk seluruh kabupaten/kota di NTT,” sambung dia.

Deny Salean pada kesempatan itu menambahkan, aplikasi tersebut sebelumnya hanya untuk android dan bisa dibuka melalui website dengan alamat www.betajual.com. “Tetapi saat ini suda lebih mudah karena sudah ada versi web juga,” sambung Deny yang juga pengurus BPD HIPMI NTT itu.

Sekadar tahu, HIPMI NTT dalam waktu dekat akan mengadakan acara HIPMI Goes To School sebagai salah satu cara menularkan virus Entrepreneurship kepada generasi muda mulai dari tingkat SMP dan SMA.(cel)

 



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!