Golkar Akhirnya Usung Jacki-Melki – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Golkar Akhirnya Usung Jacki-Melki

JAKARTA, TIMEX-Tarik ulur koalisi koalisi Partai Golkar dan NasDem terjawab sudah. Golkar akhirnya mendukung pasangan Jacki Uly-Melki Laka Lena untuk maju dalam Pilgub NTT 2018. Sebelumnya, Golkar juga ingin kadernya maju sebagai calon gubernur.

Ketua Korbid Pemenangan Pemilu Indonesia II DPP Golkar, Ahmad Hidayat Mus yang diwawancarai di Jakarta, Rabu (4/10), membenarkan hal itu. “Ya betul, kita sudah berkoalisi dengan NasDem di Pilgub NTT dan mengusung Paslon Jacki-Melki. Ini putusan rapat dua hari lalu dan kemarin malam,” kata Ahmad kemarin.
Keputusan tersebut, kata dia, diambil setelah Tim Pilkada Pusat DPP Golkar mencermati dan memperhatikan berbagai hal dan kondisi terkini terkait Pilgub NTT.

“Keputusan itu diambil DPP setelah berkonsultasi dengan para senior, tokoh dan pemimpin NTT yang berkiprah di 22 kabupaten/kota. Termasuk para tokoh NTT di level provinsi, nasional dan internasional,” kata dia.

Ahmad melanjutkan, keputusan tersebut segera disampaikan ke seluruh pengurus DPD I dan II serta jajaran Golkar sampai ke tingkat kecamatan, desa/kelurahan serta para senior dan sesepuh serta simpatisan dan kader Golkar se- NTT.

“Keputusan ini wajib diamankan dan dilaksanakan oleh para pimpinan dan pengurus DPD I dan DPD II hingga tingkat kecamatan, desa/kelurahan serta seluruh simpatisan dan kader tanpa kecuali,” tandas dia.
Menurutnya, DPP Golkar dan DPP Partai NaSdem telah membangun koalisi nasional di berbagai pilkada di Indonesia, selanjutnya membangun pula kesepakatan secara musyawarah mufakat dan siap bekerja keras memenangkan Jacki-Melki dengan semua jaringan yang dimiliki di seluruh NTT dan tingkat nasional. “Semoga Tuhan dan semua penjasa NTT yang telah berpulang berkenan dan merestui keputusan kami ini,” harap dia.

Sementara itu, Wasekjen Korbid PP Indonesia I DPP Golkar, Mustafa M. Radja menambahkan, para petinggi DPP Golkar dan DPP Partai NaDdem, Fraksi Golkar dan Fraksi NasDem di DPR RI juga di DPRD Provinsi NTT dan DPRD Kabupaten/Kota se-NTT siap bekerja sama dan bekerja keras memenangkan pasangan yang diusung.

“Para kepala daerah dan wakil kepala daerah se-NTT dari Golkar dan NasDem sudah berkomitmen yang sama dan siap memenangkan Jacki-Melki di daerahnya masing masing,” sebut Mustafa. “DPP Golkar dengan rendah hati memohon doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat NTT dari beragam latar belakang untuk bersama-sama kami mendukung Jacki-Melki sebagai pemimpin NTT ke depan,” lanjut dia.

Dijelaskan, seleksi dan kompetisi kepemimpinan politik di daerah termasuk Pilgub NTT harus memperhatikan kompetensi, kapasitas, kapabilitas dan elektabilitas Paslon yang diusung, disesuaikan dengan kebutuhan dan masalah yang ada di daerah.

Sementara DPP Golkar, kata dia, mengusung Melki Laka Lena sebagai Cagub dengan prioritas koalisi dengan Partai Nasdem dan parpol pendukung pemerintah.
“Pembahasan dilakukan secara intens tiga bulan terakhir antar dua DPP Parpol untuk memutuskan formulasi terbaik bagi NTT. Kita juga terus membangun komunikasi politik dengan Parpol lain untuk berkoalisi,” imbuhnya.

Dilanjutkan, NTT sebagai provinsi yang terletak di wilayah paling selatan Indonesia dan berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia perlu pemimpin yang bisa mengatasi berbagai persoalan lintas batas negara antara lain human trafficking, penyelundupan barang terlarang dan masalah lintas batas negara lainnya yang perlu ditangani dengan serius dan tuntas.
NTT sebagai provinsi kepulauan, lanjut Mustafa, juga membutuhkan kerja sama dan sinergi lintas sektor, wilayah dan pemimpin sehingga mensyaratkan pemimpin yang bisa menyatukan semua potensi ini bisa bergerak bersama membangun NTT.

“Butuh perpaduan pasangan pemimpin yang kuat konsolidasi pemikiran dan implementasi lapangan, punya pengalaman dan gerak lincah di lapangan plus jaringan solid di seluruh NTT, nasional dan internasional yang bagus,” imbuhnya.

Ditambahkan, ketertinggalan dalam berbagai aspek yang masih menjadi soal klasik di NTT dan makin berkembangnya potensi daerah NTT di berbagai bidang membutuhkan sosok pemimpin NTT ke depan yang kuat gagasan, tekun bekerja di lapangan, mendengar berbagai kalangan, rendah hati dan bisa sinergi dengan berbagai pihak, memiliki dan didukung berbagai latar belakang jaringan di level nasional dan internasional untuk membangun NTT.

Terkait sosok Jacki Uly, Mustafa menilai bekas Kapolda NTT itu merupakan purnawirawan perwira tinggi Polri bintang dua yang punya pengalaman, kepemimpinan dan reputasi yang baik di level NTT, nasional bahkan internasional.

Sementara Melki Laka Lena dinilai sebagai aktivis dan politisi muda yang punya jejaring kuat di kalangan generasi muda di NTT dan nasional. “Duet Jacki-Melki merupakan perpaduan dua putra NTT terbaik yang mampu membangun NTT dengan lebih baik sesuai potensi yang ada dan masalah yang dihadapi,” tandas dia.

Terpisah, Melki Laka Lena kepada koran ini mengatakan, sebagai kader Partai Golkar dirinya siap menjalankan dan menyukseskan putusan dan amanah DPP Golkar yang dipercayakan kepadanya.

“Bersama relawan MLL se-NTT, Partai Golkar dan Partai NasDem segera berkoordinasi menindaklanjuti keputusan para pimpinan dua DPP parpol ini. Kami mohon doa restu dan dukungan dari seluruh masyarakat NTT,” pinta Melki yang juga Ketua DPD I Golkar NTT itu.

Sementara itu, Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan, koalisi NasDem dan Golkar terkait Pilgub NTT sangat solid. “Komunikasi politik terkait hal-hal yang sifatnya strategis dan substantif di tingkat DPP berlangsung dengan baik dan cair,” ungkap dia.

Sosok yang juga anggota Komisi XI DPR RI itu melanjutkan, untuk berhasil dengan baik di Pilgub NTT, NasDem dan Golkar sama-sama yakin dan optimis dalam membangun kerja sama dan persaudaraan politik untuk suatu kepentingan yang sama yakni kesejahteraan NTT yang lebih baik dan lebih adil.

“Kalau selama ini ada dinamika internal di setiap partai politik, termasuk internal NasDem dan internal Golkar di NTT adalah hal yang biasa dan baik untuk kemajuan demokrasi yang lebih berkualitas. NasDem tentu akan terus membangun komunikasi politik yang lebih luas dengan partai lainnya juga,” jelasnya sembari menambahkan deklarasi Jacki-Melki segera dilakukan pada momen yang tepat. (joo/fmc/ito)



Populer Minggu ini

Copyright © 2018 Timor Espress

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!