16 Delegasi NTT Ikut Pentas PAI di Aceh – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

16 Delegasi NTT Ikut Pentas PAI di Aceh

DELEGASI NTT. Kakanwil Kemenag NTT, Drs. Sarman Marselinus (tengah) berpose bersama kontingen pentas PAI Nusa Tenggara Timur (NTT), bertempat di halaman Asrama Haji, Jumat (6/10).

IMRAN LIARIAN/TIMEX

KUPANG,TIMEX – Sebanyak 16 delegasi (utusan) dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang akan mengikuti kegiatan nasional Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) ke VIII di Provinsi Aceh, dilepas secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTT, Drs. Sarman Marselinus.

Pelepasan tersebut berlangsung

di aula utama Asrama Haji Kelurahan Oebufu Kecamatan Oebobo, Jumat (6/10), yang dihadiri pula oleh Kepala Bidang Pendidikan Islam Drs. H. Husen Anwar, para pendamping peserta dari kabupaten/kota serta peserta.

Peserta pentas PAI yang dilepas tersebut, direkrut melalui seleksi dari setiap kabupaten/kota, dan akan mengikuti tiga mata lomba yakni Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Hifzil Qur’an dan Pidato.

Sarman Marselinus dalam sambutannya mengucapkan limpahan terima kasih kepada peserta yang telah hadir dalam acara pelepasan kontingen yang akan menuju Banda Aceh.

Dirinya menuturkan, para peserta harus merasa bangga sebagai orang hebat yang menjadi perwakilan NTT mengikuti ajang pentas nasional bertajuk “Merawat Keberagaman Memantapkan Keberagamaan”.

Kontingen NTT yang memngikuti kegiatan sebelumnya menurut Marselinus, selalu meraih prestasi dan telah mengharumkan nama NTT.
“Kiranya kisah ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan prestasi,” ujarnya.

Dijelaskannya, pendidikan agama, termasuk pendidikan agama Islam adalah salah satu sumber yang penting bagi pendidikan karakter bagi generasi muda. dalam mengasah aspek spiritual, emosional serta sosial kehidupan dengan nilai-nilai agama yang dapat mendorong kecerdasan dan pembentukan karakter yang berbudi luhur.

Sedangkan pentas seni untuk mendorong agar lebih mencintai agama dan pendidikan agama. Kemudian dengan menekuni pentas seni ini akan semakin kenal dan memahami ajaran Islam secara baik dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui ajang ini peserta juga dapat saling kenal mengenal satu sama lainnnya dengan peserta dari seluruh penjuru nusantara,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kanwil Kemenag NTT itu juga mengharapkan pentas PAI ke VIII dapat berjalan aman dan lancar, dan Delegasi NTT dapat membawa pulang medali fan mengharumkan nama Provinsi NTT.

“Saya mengajak adik-adik untuk mengikuti pentas seni ini dengan semangat perjuangan dan berani untuk meraih prestasi. Karena telah dibuktikan bahwa NTT telah berhasil meraih medali sebelumnya,” sebutnya.

Sementara Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag NTT, Drs. H. Husen Anwar mengaku sangat optimis bahwa delegasi dari Provinsi NTT ini akan meraih prestasi dengan mengantongi medali dari mata lomba yang diikuti.

“Kami targetkan peserta dari NTT ini membawa pulang empat medali,” tegasnya.

Pada bagian lain, Ketua Panitia, Dahlin Pualapu menjelaskan peserta yang mengikuti pentas PAI tingkat nasional di Banda Aceh, terdiri dari siswa SD sampai SMA dari beberapa kabupaten/Kota se NTT.

Rinciannya Kabupaten Alor 10 orang, Kabupaten Manggarai Barat 2 orang, Manggarai 1 orang, dan dari Kabupaten Lembata 1 orang, yang akan mengikuti tiga mata lomba yakni MTQ, Hifzil Qura’n dan Pidato.

“Perlombaan dimulai Senin-Sabtu (9-14/10). Kami yang berangkat sebanyak 24 orang termasuk dengan pendamping dan peserta,” jelasnya. (mg22/rum)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!