Penyetaraan Ijazah Sekolah Luar Negeri Hanya Dua Hari – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

PENDIDIKAN

Penyetaraan Ijazah Sekolah Luar Negeri Hanya Dua Hari

Hamid Muhammad

JAKARTA, TIMEX – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan kesempatan kepada siswa-siswi Indonesia yang bersekolah di luar negeri untuk penyetaraan ijazah.

Prosesnya pun sangat mudah dan singkat, paling lama lima hari tanpa biaya sepeser pun.

“Anak-anak Indonesia banyak yang sekolah di luar negeri. Begitu ingin pindah ke Indonesia otomatis harus ada penyetaraan
ijazah. Nah, Kemendikbud punya e-layanan yang diberlakukan sejak 2010. Dengan layanan ini, siswa atau orang tua murid akan lebih mudah mengaksesnya tanpa harus datang ke Indonesia,” tutur Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad di Jakarta, Minggu (8/10).

Perlunya penyetaraan ijazah ini, lanjutnya, lantaran ada perbedaan sistem pendidikan antara lembaga pendidikan luar negeri/Satuan Pendidikan Kerja Sama dan pendidikan nasional.

Dengan layanan penyetaraan ijazah memberi kemudahan kepada siswa memiliki jazah/diploma/sertifikat sesuai dengan aturan yang ditetapkan Kemendikbud.
“Tidak usah khawatir dengan proses pengurusannya. Kalau dokumennya lengkap sesuai persyaratan satu dua hari selesai kok.
Satu lagi tidak ada biaya alias gratis,” tegas Hamid. (jpnn/lok)

Click to comment

Most Popular

To Top