Golkar Berubah Lagi Soal Koalisi – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

POLITIK

Golkar Berubah Lagi Soal Koalisi

NasDem Rencana Deklarasi 29 Oktober

JAKARTA, TIMEX-Sikap Partai Golkar berubah lagi soal koalisi dengan Nasdem untuk Pilgub NTT 2018. Sebelumnya, Rabu (4/10), DPP Golkar sudah menyatakan berkoalisi dengan NasDem dan mengusung pasangan Jacki Uly-Melki Laka Lena. Namun, Selasa (10/10), DPP Golkar berubah lagi dengan menyatakan pasangan Jacki Uly-Melki Laka Lena belum paten. Masih bisa berubah.

Ketua Korbid PP Indonesia II DPP Golkar, Ahmad Hidayat Mus yang diwawancarai di Jakarta, Selasa (10/10), mengatakan, pihaknya belum membahas agenda deklarasi. Ahmad mengatakan, DPP PG masih membutukan waktu untuk melakukan evaluasi kembali terhadap tingkat elektabilitas dan popularitas Paslon yang diusung.

Ahmad bahkan mengisyaratkan paket Jacki-Melki belum sepenuhnya final. Sebaliknya masih ada kemungkinan untuk direposisi tergantung tingkat elektabilitas kedua figur.

“Kita belum mau deklarasi, karena kami akan evaluasi setelah beberapa minggu ke depan. Apakah elektabilitas pak Jacki lebih meningkat ataukah stuck. Maka mungkin saja Melki bisa menjadi Cagub,” kata Ahmad.

Padahal, sebelumnya Rabu (4/10), Ahmad sendiri yang menyampaikan bahwa Golkar sudah final mendukung Jacki Uly-Melki Laka Lena. “Ya betul, kita sudah berkoalisi dengan NasDem di Pilgub NTT dan mengusung Paslon Jacki-Melki. Ini putusan rapat dua hari lalu dan kemarin malam,” kata Ahmad waktu itu.

Keputusan tersebut, kata dia, diambil setelah Tim Pilkada Pusat DPP Golkar mencermati dan memperhatikan berbagai hal dan kondisi terkini terkait Pilgub NTT. “Keputusan itu diambil DPP setelah berkonsultasi dengan para senior, tokoh dan pemimpin NTT yang berkiprah di 22 kabupaten/kota. Termasuk para tokoh NTT di level provinsi, nasional dan internasional,” kata dia.

Ahmad melanjutkan, keputusan tersebut segera disampaikan ke seluruh pengurus DPD I dan II serta jajaran Golkar sampai ke tingkat kecamatan, desa/kelurahan serta para senior dan sesepuh serta simpatisan dan kader Golkar se- NTT.

“Keputusan ini wajib diamankan dan dilaksanakan oleh para pimpinan dan pengurus DPD I dan DPD II hingga tingkat kecamatan, desa/kelurahan serta seluruh simpatisan dan kader tanpa kecuali,” tandas dia.

Terpisah, Sekjen DPP Partai NasDem Johnny G. Plate yang dikonfirmasi mengaku pihaknya telah berencana agar deklarasi paket Jacki-Melki dilakukan di Kupang pada akhir bulan ini. “Rencananya akhir Oktober, sekitar 29 Oktober di Kupang,” kata Johnny yang juga anggota Komisi XI DPR RI.

Sebelumnya Johnny kepada Koran ini menjelaskan, NasDem terus melakukan survei untuk mengetahui elektabilitas Jacki Uly. “Survei terus berlangsung. NasDem melakukan survei independen yang tidak melibatkan calon,” terang Johnny.

“Pak Jacki juga baru mulai sosialisasi dan membutuhkan sedikit waktu lagi sebelum disurvei. Wajar saja jika elektabilitasnya belum naik karena memang belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh di NTT,” lanjut dia. (joo/fmc/ito)

Click to comment

Most Popular

To Top