Tolak Kemerdekaan Catalunya – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

INTERNASIONAL

Tolak Kemerdekaan Catalunya

BAKAR BENDERA CATALAN. Aksi demonstrasi menolak kemerdekaan Catalan di valencia.

JOSE JORDAN / AFP

PRANCIS – Pernyataan kemerdekaan Catalunya diagendakan berlangsung malam hari ini. Namun, Prancis sudah menyatakan sikap. Kemarin (9/10) negara yang dipimpin Presiden Emmanuel Macron itu tidak akan mengakui wilayah otonomi khusus Spanyol tersebut sebagai negara independen. Bagi Prancis, kemerdekaan Catalunya itu hanya sepihak.

’’Krisis ini harus diselesaikan lewat dialog oleh semua pihak di perpolitikan Spanyol,’’ ujar Menteri Urusan Eropa Prancis Nathalie Loiseau saat diwawancarai saluran televisi CNews kemarin. Dia memperingatkan pemerintah Catalunya secara otomatis didepak dari keanggotaan Uni Eropa (UE) jika nekat bercerai dari Spanyol. Catalunya harus mengajukan keanggotaan, tetapi pasti tidak bakal diterima. Sebab, Spanyol sebagai anggota UE akan menolak.

Sementara itu, PM Spanyol Mariano Rajoy kembali menegaskan bakal mengambil langkah apa pun yang dibutuhkan untuk menghentikan Catalunya memisahkan diri. Termasuk mengambil alih kontrol pemerintahan di wilayah yang beribu kota di Barcelona tersebut. Ribuan polisi nasional dan Guardia Civil yang diterjunkan di Catalunya juga tidak akan ditarik hingga situasi kembali normal.

Dominic Thomas, pemimpin di Department of French and Francophone Studies, University of California, Los Angeles, memprediksi deklarasi kemerdekaan tidak diterima dengan baik. Sebab, ketika referendum kemarin, tingkat kehadiran penduduk kurang dari 50 persen. Bukan hanya itu, aksi massa yang mendukung persatuan Catalunya dan Spanyol pada Sabtu dan Minggu lalu juga terbilang masif.

Beberapa perusahaan sudah siap hengkang dari Catalunya. Banco Sabadell telah mengumumkan memindahkan pusat perusahaan ke Alicante. Perusahaan lain seperti Inmobiliaria Colonial, Abertis, dan Cellnex kemarin masih mendiskusikan kemungkinan perpindahan mereka. Dogi International Fabrics, Service Point, dan Oryzon bakal pindah dari Barcelona ke Madrid. (Reuters/TheGuardian/CNBC/sha/c14/any)

Click to comment

Most Popular

To Top