Dana PEM Harus Tingkatkan Ekonomi Masyarakat – timorexpress.fajar.co.id

timorexpress.fajar.co.id

RAGAM

Dana PEM Harus Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

SAMBUTAN. Staf Ahli Wali Kota Kupang Alex Jebarus (tengah) saat memberikan sambutan dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan tim pengelola dana pemberdayaan ekomomi masyarakat tahun 2017 di Hotel Pelangi, Kamis (12/10).

KUPANG, TIMEX — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kupang melaksanakan pelatihan bagi tim pengelola dana pemberdayaan ekomomi masyarakat (PEM) tahun 2017 di Hotel Pelangi, Kamis (12/10).

Staf Ahli Wali Kota Kupang Alex Jebarus mengatakan, kegiatan seperti ini tidak boleh dilakukan cuma sekali. Tidak dilakukan hanya di awal tetapi juga pada saat berjalannya program dana PEM.

Ia juga berharap para penerima dana PEM dapat meningkatkan usahanya setiap tahun.

Ia menjelaskan, forum ini sebagai tempat sharing, baik pengelola yang berhasil, yang baru mulai, dan yang mulai berusaha maupun yang akan embuka usaha. Dana PEM merupakan program pemerintah untuk meningkatkan dan mensejahterakan ekonomi rakyat untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dalam ekonomi. “Forum ini juga sebagai momen untuk diskusi, sharing dan saling berbagi. Selain itu jika ada masalah mengenai dana PEM, ada kendala dalam pelaksanaan dana PEM, harus disampaikan untuk bersama mencari solusi,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kota Kupang sekaligus Ketua Panita Pelaksana, Hengky C. Malelak mengatakan, tujuan kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi tim pengelola dana PEM yaitu untuk meningkatkan pemahaman pengelola dana PEM yang ada di setiap kelurahan di Kota Kupang.

Selain itu untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian peserta secara teknis dalam mengelola administrasi dana PEM. “Peserta yang mengikuti latihan yaitu ketua LPM dari 51 kelurahan dengan jumlah peserta 153 orang. Dengan pemateri dari akademisi, Bappeda Kota Kupang dan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang,” terangnya.

Para pemateri akan membawakan materi tentang kebijakan umum pemerintah Kota Kupang, mekanisme dan prosedur pengelolaan dana PEM, manajemen usaha dan pengorganisasian serta sistem pelaporan dana PEM dan catatan keuangan. (mg25/sam)

Click to comment

Most Popular

To Top