Triliunan Rupiah Mengalir ke Kota Kupang – Timor Express

Timor Express

NASIONAL

Triliunan Rupiah Mengalir ke Kota Kupang

Dukungan Komisi V untuk Infrastruktur

JAKARTA, TIMEX-Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur dan perhubungan terus memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan di Provinsi NTT.

Khusus di Kota Kupang sebagai ibu kota Provinsi NTT, sejumlah kegiatan infrastruktur bernilai ratusan miliar rupiah berhasil diperjuangkan dan ditetapkan Komisi V bersama kementrian/lembaga yang menjadi mitranya.

Ketua Komisi V DPR RI, Fary Djemy Francis yang diwawancarai di ruang kerjanya, Gedung Nusantara 1 Lantai 17 Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (12/10), mengatakan, dukungan anggaran kepada Kota Kupang diberikan lewat pembahasan yang panjang dan kemudian diputuskan bersama mitra Komisi V.

“Misalnya rencana pembangunan terminal tipe A di Kota Kupang yang dimasukan dalam APBN 2018 nanti. Itu merupakan perjuangan Komisi V setelah menghimpun aspirasi masyarakat termasuk memantau langsung kondisi riil di lapangan,” kata Fary.

Politisi Partai Gerindra itu juga merincikan berbagai kegiatan untuk Kota Kupang yang berhasil diperjuangkan dan disahkan dalam APBN 2017.

Ia menyebutkan, di Kementerian PUPR khususnya Ditjen Bina Marga, Komisi V berhasil memperjuangkan anggaran senilai Rp 1,636 triliun.

Dari total anggaran ini, lanjut Fary, telah terealisasi beberapa kegiatan yaitu preservasi rekonstruksi jalan lingkar luar Kupang dengan total anggaran Rp 820 miliar, preservasi rekonstruksi jalan dalam Kota Kupang-Bolok-Kupang bernilai Rp 9 miliar.

Selain itu, kegiatan rehabilitasi jalan lingkar luar Kota Kupang bernilai Rp 3,5 miliar, rekonstruksi jalan lingkar luar Kota Kupang Rp 24,2 miliar, pembebasan lahan lingkar luar Kota Kupang Rp 4,1 miliar, pembebasan lahan Jl. El Tari Rp 2,7 miliar dan pembangunan jalan poros tengah Kupang dengan anggaran Rp 14,4 miliar.

Fary melanjutkan, pada Ditjen Cita Karya, Komisi V juga berhasil memperjuangkan anggaran senilai Rp 157,195 miliar di APBN 2017.

Dimana dari total anggaran itu, Kota Kupang kebagian jatah kegiatan renovasi bangunan TK Putra Kota Kupang senilai Rp 2,5 miliar dan pengembangan jaringan perpipaan di kawasan khusus dengan anggaran Rp 2 miliar.

“Kalau dari Ditjen SDA, dari total anggaran Rp 1,285 triliun, Kota Kupang mendapat Rp 4,8 miliar untuk kegiatan pembangunan penahan gelombang laut Pantai Nunbaun dan Pantai Namosain. Di Ditjen Penyediaan Perumahan kita juga berhasil memperjuangkan anggaran senilai Rp 376,900 miliar,” kata sosok yang juga Sekretaris Fraksi Gerindra itu.

Masih menurut anggota DPR RI dua periode asal NTT itu, pada Kementerian Perhubungan khususnya di Ditjen Perhuhungan Udara, pihaknya juga berhasil memperjuangkan anggaran hingga Rp 376,900 miliar.

Sedangkan pada Ditjen Perhubungan Laut, Komisi V berhasil memperjuangkan anggaran senilai Rp 244,513 miliar.

Dari total anggaran itu, sudah terealisasi sejumlah kegiatan, khususnya pada KSOP Kelas III Kupang dengan alokasi anggaran Rp 60,4 miliar untuk pekerjaan pembangunan Faspel Tenau Kupang, Faspel Laut Nunbaunsabu, bahkan juga termasuk pembangunan pelabuhan Kolbano di Kabupaten TTS.

“Pada Ditjen Perhubungan Darat kita juga berhasil memperjuangkan anggaran dari APBN 2017 senilai Rp 75,100 miliar,” imbuh dia.

Fary menambahkan, Komisi V akan terus mendukung pembangunan di Kota Kupang melalui kewenangan dan tupoksi yang dimiliki.

“Kita akan terus memperjuangkan seluruh aspirasi dari pemerintah dan masyarakat Kota Kupang,” tandasnya.

Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Darat juga telah merencanakan kegiatan strategisnya di TA. 2018. Rencana strategis untuk Kota Kupang adalah pembangunan terminal penumpang tipe A dengan anggaran Rp 8,6 miliar. (joo/fmc/ito)

Click to comment

Most Popular

To Top