Nakertrans Tagih Komitmen Mitra – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

Nakertrans Tagih Komitmen Mitra

SAMUEL ADU

Dukungan Pelayanan LTSA-PPTKI

KUPANG, TIMEX-Kabid Informasi Pasar Kerja, Diklat dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Nakertrans NTT, Samuel Adu mengakui, hingga saat ini belum semua mitra aktif di sekretariat Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LTSA-P2TKI).

Kantor layanan yang sudah mulai beroperasi sejak pralaunching oleh Sekjen Kemenaker awal September 2016 itu seharusnya didukung tim mitra, yakni Dinas Nakertrans NTT. BP3TKI NTT, imigrasi, BPJS Ketenagakerjaan, Klinik kesehatan, perbankan, yakni BNI dan BRI.

Sayang, saat ini hanya petugas Dinas Nakertrans NTT yang stand by di kantor tersebut untuk melayani pengurusan ketenagakerjaan, khususnya mereka yang ingin mencari kerja ke Malaysia, Singapura atau Hongkong. Padahal menurut Samuel, untuk mendapatkan fasilitas LTSA tersebut sudah melalui proses yang sangat panjang.

“Awaslnya ada komitmen bersama lintas kementerian, lalu kami tindaklanjuti di NTT dan selama beberapa kali rapat, semua siap mendukung. Bahkan sudah tandatangan komitmen bersama Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnoni. Jadi kami tagih janji mereka,” kata Samuel.

Dia sebutkan, meski dalam setiap rapat selalu ada penegasan dukungan, namun pada kenyataannya, saat ini beberapa instansi belum juga menunjukkan komitmen tersebut. “BP3TKI dengan Imigrasi yang belu. Sekarang klinik citra yang sedang proses untuk masuk juga. Kalau imigrasi, katanya mesin mereka harganya di atas Rp 2 miliar,” terang Samuel yang menambahkan, satu orang lagi.

Sementara Kepala BP3TKI, Tato Tirang yang dikonfirmasi terpisah mengatakan, pihaknya belum bersedia hadir di LTSA karena belum ada layananan koneksi yang memadai. “Itu sistemnya belum jalan. Rencananya tahun depan (2018) baru kita buka semua.(cel)

Click to comment

Most Popular

To Top