Perbanyak Lokasi UNBK di Daerah 3T – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Perbanyak Lokasi UNBK di Daerah 3T

UNBK. Siswa SMPN 2 Kupang saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2 Mei 2017.

DOK. TIMEX

12.988 Sekolah Tak Tersentuh Akses Internet

JAKARTA, TIMEX–Tahun ini sebanyak 120 unit sekolah di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) mencicipi penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana menambah titik pelaksanaan UNBK di daerah 3T.
Kepala Pusat Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud Gogot Suharwoto menuturkan di dalam Perpres 131/2015 ditetapkan ada 122 kabupaten tertinggal. Dari seluruh kabupaten itu, jumlah sekolah di semua jenjang mencapai 35.478 unit sekolah. ’’Dari jumlah itu sebanyak 12.988 sekolah di daerah 3T tidak tersentuh akses internet,’’ kata Gogot di Jakarta kemarin (8/11).

Gogot menjelaskan pemerintah akan terus meningkatkan layanan akses internet di daerah 3T. Dia menegaskan Kemendikbud tidak bisa bekerja sendirian. Sebab akses internet itu terkait dengan infrastruktur lain. Seperti jaringan telekomunikasi, listrik, dan juga jalan serta infrastruktur lainnya.

Menurutnya akses internet di daerah 3T cukup penting. Diantaranya bisa mendukung pelaksanaan UNBK. Gogot menuturkan meskipun jumlah sekolah di daerah 3T yang tersambung internet banyak, tetapi baru 120 sekolah yang bisa menyelenggarakan UNBK. ’’Sebab diantara sekolah itu ada yang SD. SD tidak menyelenggarakan UNBK,’’ jelasnya.

Gogot menuturkan pada Unas 2017, ada 120 unit sekolah di daerah 3T yang menyelenggarakan UNBK. Dia menjelaskan sampai akhir 2017, belum ada tanda-tanda jumlah itu akan bertambah. Tetapi memasuki 2018 nanti, dia berharap ada sekolah lain di daerah 3T yang bersiap menjalankan UNBK.

Dia menuturkan akses internet saja, tidak cukup untuk menyelenggarakan UNBK. Fasilitas tambahan lainnya seperti server, jumlah unit komputer sesuai kebutuhan, teknisi komputer, dan proktor harus tersedia. Jika sudah komplit semua, sekolah yang telah terkoneksi internet bisa menyelenggarakan UNBK. ’’Kemendikbud optimis Unas 2018 nanti ada tambahan pelaksanakan UNBK di sekolah 3T,’’ katanya.

Untuk menyiapkan pelaksanaan UNBK 2018, Gogot mengatakan Pustekkom sudah melakukan sejumlah simulasi. Pekan ini adalah simulasi UNBK jenjang SMK. Kemudian pekan depan simulasi UNBK jenjang SMA dan disusul jenjang SMP. Dia mengatakan sampai saat ini tidak ada perubahan aplikasi UNBK.

Gogot menegaskan tujuan utama membuka akses internet untuk sekolah-sekolah di kawasan 3T bukan semata untuk UNBK. Tetapi lebih untuk peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan. Kemendikbud sudah memiliki beberapa layanan pembelajaran online. Seperti laboratorium maya yang bisa mendukung pembalajaran kimia, fisika, dan sejenisnya.

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi menuturkan persiapan Unas 2018 terus dikebut. Dia berharap akhir tahun ini pendataan sekolah peserta unas bisa rampung. Sehingga bisa secepatnya dipetakan sekolah mana saja yang siap UNBK. Bagi sekolah yang tidak siap menyelenggarakan UNBK, bisa menumpang atau melaksanakan ujian kertas. (wan/jpg/ito)

 

Click to comment

Most Popular

To Top