Bupati TTU Turun Salurkan Bantuan Tanggap Darurat – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Bupati TTU Turun Salurkan Bantuan Tanggap Darurat

Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes turun langsung melihat dan menyalurkan bantuan bagi warga yang terkena dampak angin puting beliung Senin petang lalu. Bupati juga mengunjungi SMP Satu Atap Nian yang roboh akibat bencana tersebut

johnysiki

Puting Beliung Robohkan Sekolah dan Rumah Warga

TIPUAN angin kencang serta puting beliung memporak-porandakan sejumlah fasilitas umum dan rumah milik warga di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Senin (13/11) petang. Berdasarkan data yang masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) TTU, tercatat 13 unit rumah warga yang terkena dampak puting beliung serta gedung SMP Satap Nian turut menjadi korban. Tak cuma itu, angin puting beliung juga merobohkan sejumlah pohon sehingga merusak jaringan listrik di sejumlah jalur di dalam Kota Kefamenanu. Bukan hanya itu satu unit mobil Avansa, milik Broni Nurak juga ikut tertimpa pohon saat melintas di jalur El Tari, tepatnya di depan Hotel Grand Royal. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa angin puting beliung itu.

Langkah cepat dilakukan Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes, S. Pt. Selasa (14/11) pagi kemarin, orang nomor satu di Kabupaten TTU itu turun langsung meninjau para korban bencana dan menyalurkan bantuan darurat. Ia juga turun langsung melihat gedung SMP Satap yang terkena dampak angin puting beliung.

Bupati Dua Periode ini memulai kunjungannya di Gedung SMP Satap Nian dan sejumlah rumah warga korban bencana di wilayah Kelurahan Maubeli, Kecamatan Kota Kefamenanu. Kedatangan Bupati TTU ini disambut ratusan siswa yang saat itu tidak bisa melakukan KBM dan juga para guru serta warga sekitar. Bupati TTU pun bergegas melihat dari dekat kondisi bangunan gedung darurat yang dibangun swadaya warga beratap seng, berdinding bebak dan berlantai tanah, mengalami kerusakan serius.

Dari lima ruang kelas yang mengalami kerusakan, terdapat dua ruang yang dindingnya miring sedangkan tiga ruang dinding dan atapnya rubuh ke tanah bahkan 30 buah kursi ikut hancur tertimpa dinding gedung.  Selain kerusakan gedung, terdapat meja dan buku mata pelajaran yang ikut rusak terkena air hujan. Nampak para siswa dan guru hanya bisa berlindung di bawah pohon menatap gedung sekolah yang ambruk dan tidak bisa ditempati untuk Kegiatan Belajar Mengajar .

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes meminta para guru untuk memanfaatkan gedung SDK Nian, untuk pelaksanaan aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada sore hari. Sambil menunggu bangunan gedung sekolah bisa diperbaiki kembali setelah bantuan material dari pemerintah tiba di lokasi. Bupati juga perintahkan Kepala Badan Nasional Bencana Daerah (BPBD) TTU, yang hadir saat itu untuk mendroping bantuan material untuk memperbaiki kembali kondisi kerusakan gedung. Aparatur desa diminta bersama masyarakat untuk gotong royong membangun kembali gedung tersebut sehingga bisa dimanfaatkan untuk KBM.

Bukan hanya itu usai mengunjungi gedung sekolah Bupati Raymundus juga berkesempatan mengunjungi rumah warga yang terkena angin puting beliung di Kelurahan Maubeli.  Bupati Raymundus saat dikonfirmasi wartawan, menuturkan pemerintah sedang menyiapkan bantuan material untuk disalurkan pada kesempatan pertama. Bantuan berupa seng untuk sekolah dan 13 rumah warga yang terkena musibah sementara untuk kayu masih bisa digunakan untuk perbaikan kembali. Dia berharap masyarakat bisa ikut membantu gotong royong untuk memperbaiki bangunan rumah dan sekolah yang rusak.

“Hari ini saya perintahkan untuk bantuan harus tiba dilokasi. Ini darurat sehingga butuh bantuan cepat,”tandasnya Bupati Raymundus juga berjanji tahun depan menggelontorkan anggaran untuk membangun permanen gedung SMP Satap Nian, termasuk sejumlah gedung Satap SD dan SMP di TTU lainnya yang dibangun swadaya masyarakat.

Tahun depan kita pastikan akan bangun gedung permanen untuk semua sekolah yang masih darurat. Ini gedung baru dibangun swadaya masyarakat karena ada pembukaan sekolah baru,”tandasnya  Sementara Kepala SMPN Nian, Maria Rosalinda Bano, mengaku bangga atas perhatian dari Bupati yang sudah tiba di lokasi sekolah memberikan dukungan dan perhatian besar. Ada bantuan material untuk memperbaiki gedung yang rusak bahkan tahun depan sudah bisa dibangun permanen. “Kami senang atas kunjungan Bupati hari ini bisa datang lihat kondisi sekolah kami. Ini gedung satap baru dibangung swadaya masyarakat bulan agustus lalu,”ungkapnya.

Menurut Rosalinda pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak SDK Nian, agar bisa gunakan sementara gedung sehingga aktivitas kegiatan belajar mengajar tidak macet. Dia berharap gedung bisa cepat diperbaiki sehingga siswanya bisa kembali menempati gedung sekolah itu.

Hal serupa disampaikan Josef Timo, warga Kelurahan Maubeli mengaku kagum atas kunjungan orang nomor wahid TTU, sebab bisa tiba dilokasi memberikan dukungan moril terhadap keluarganya dan korban lainnya.  Dia menyampaikan terima kasih atas perhatian pemerintah karena langsung memberikan perhatian berupa bantuan seng untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat angin puting beliung.  “Beruntung ada perhatian cepat dari pak Bupati karena bisa datang lihat kami dan mau langsung kasih bantuan untuk perbaiki rumah kami yang rusak. Kalau tidak hujan begini kami mau tinggal dimana,”ungkapnya. (johni/yopy)

Click to comment

Most Popular

To Top