Pemprov NTT – PT. Gulf Mangan Grup Teken MoA – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Pemprov NTT – PT. Gulf Mangan Grup Teken MoA

SEPAKAT. Pemprov NTT dengan PT. Gulf Mangan Grup, Selasa (14/11), kemarin, menandatangani MoA perjanjian sewa lahan pembangunan fasilitas smelter Kupang. Tampak Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan Direktur PT. Gulf, Mr. John saling berjabat tangan.

Sepakati Sewa Lahan Pembangunan Fasilitas Smelter

KUPANG, TIMEX– Keseriusan PT. Gulf Mangan Grup untuk berinvestasi di NTT akhirnya terjawab. Selasa, (14/11) kemarin, Pemprov NTT dengan PT. Gulf Mangan Grup menandatangani Memorandum of Agreement (MoA), di ruang rapat gubernur NTT. Nota kesepakatan tersebut menyangkut perjanjian sewa lahan pembangunan fasilitas smelter Kupang, di Kawasan Industri Bolok. Perjanjian sewa ini mencakup lokasi proyek seluas 10 hektar. Pembayaran awal sewa lima tahun telah dibayar PT. Gulf kepada Pemprov NTT, sejak Juni 2017. Selama periode konstruksi, Gulf mulai merekrut staf nasional dan lokal secara progresif. Sebagian besar karyawan operasi direkrut dari desa setempat, di lokasi fasilitas smelter. Setelah dua mesin pelebur pertama beroperasi, jumlah tenaga kerja lokal (sebanyak 170 orang), langsung dipekerjakan. Mereka menerima pelatihan intensif untuk mengoperasikan mesin pelebur sebelum dan selama proses komisioning.

Diperkirakan, lebih dari 800 lapangan kerja tidak langsung akan terbentuk di area penyedia bahan baku bijih mangan dan jasa. Setelah delapan mesin pelebur beroperasi, dipastikan akan ada 700 karyawan dan ribuan peran di lapangan kerja tidak langsung, yang terbentuk di seluruh NTT. “Finalisasi perjanjian sewa ini ada syarat serta persetujuan akhir yang diperlukan untuk pembangunan fasilitas smelter Kupang. Kami tetap berada dijadwal semula untuk mendirikan dua mesin pelebur pertama pada enam bulan pertama tahun depan,” kata Hamish Bohannan, Presiden Direktur Gulf. Sementara itu, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, memberi apresiasi kepada manajemen PT. Gulf yang komit untuk berinvestasi di NTT.

Gubernur berharap, investasi PT. Gulf tersebut bisa mensejahterakan masyarakat NTT. “Saya menyambut baik kesepakatan ini dan meminta instansi yang menangani dokumen perizinan PT. Gulf supaya dibantu. Semoga investasi PT. Gulf bisa memberi nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat NTT,” ujar Frans Lebu Raya. (kombis)

Click to comment

Most Popular

To Top