Presiden Jokowi Diundang ke Kupang Lagi – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Presiden Jokowi Diundang ke Kupang Lagi

SAAT GB. Presiden Joko Widodo mendengar penjelasan dari Kadis PUTR NTT Andre Koreh tentang pembangunan Bendungan Raknamo saat ground breaking, 20 Desember 2014 lalu di Raknamo.

DOK. TIMEX

Pada HUT NTT 20 Desember

KUPANG, TIMEX–Presiden Joko Widodo kembali diundang oleh Pemerintah Provinsi NTT untuk menghadiri HUT ke-59 provinsi ini pada 20 Desember 2017 nanti. Sejumlah agenda penting telah menanti.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya kepada wartawan di Gedung Sasando, Selasa (14/11) mengatakan, agenda pertama adalah meresmikan Bendungan Raknamo (Kabupaten Kupang), meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin (Malaka) dan Wini (TTU), groundbreaking Bendungan Temef (TTS), groundbreaking Semen Kupang Indonesia (Kota Kupang) dan groundbreaking Jembatan Pancasila Palmerah (Flores Timur).

Ia menambahkan, progres pembangunan Bendungan Raknamo sudah mencapai 98 persen. Bendungan ini di-groundbreaking Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2014 lalu. Setelah tiga tahun dikerjakan, tahun ini proyeknya selesai. “Saya telah mengundang bapak Presiden untuk bisa meresmikan bendungan pertama yang beliau groundbreaking. Mudah-mudahan beliau punya waktu meresmikan pada 20 Desember 2017 ini,” kata Lebu Raya.

Lebih lanjut ia mengatakan kepastian waktunya masih disesuaikan dengan jadwal presiden. Namun ia berharap presiden bisa datang ke NTT pada Desember nanti, sebab bertepatan dengan HUT Provinsi NTT.

Kedatangan presiden merupakan hadiah bagi NTT karena bisa meresmikan beberapa proyek strategis nasional yang dicanangkan presiden beberapa tahun lalu. Juga melakukan peletakan batu pertama sejumlah proyek raksasa di NTT.

Terkait Bendungan Raknamo yang hampir selesai, Lebu Raya menjelaskan fungsi utama bendungan ini untuk pengairan. Dan akan dibuka 1.250 hektar lahan untuk sawah. Airnya diambil dari Bendungan Raknamo.

Ternyata tak hanya untuk irigasi, Bendungan Raknamo juga menghasilkan listrik, walaupun dayanya kecil. “Hanya untuk lingkungan sekitar bisa digunakan,” katanya.

Tak hanya itu, bendungan ini juga menjadi tempat wisata. Saat ini sudah didesain landscape-nya dilengkapi taman. “Selain orang datang lihat bendungan juga berwisata dan bisa ada wisata kuliner di situ,” ujar Lebu Raya.

Bendungan Raknamo juga bisa membantu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di Kabupaten Kupang. Pasalnya, akan diambil 100 liter per detik sebagai air baku untuk kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut. “Jadi bisa memenuhi kebutuhan air bersih juga, selain untuk sawah,” katanya. (sam/ito)

Click to comment

Most Popular

To Top