RSPP Betun Telah Miliki 7 Dokter Spesialis – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

RSPP Betun Telah Miliki 7 Dokter Spesialis

Bupati Stefanus Bria Seran

BETUN, TIMEX-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka dibawah kepemimpinan Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dari waktu ke waktu terus membenahi pelayanan kesehatan guna meningkatkan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat Malaka.

Upaya dan kerja keras yang dilakukan mantan Kadis Kesehatan Propinsi NTT di kabupaten bungsu di Propinsi NTT itu secara perlahan-lahan manfaatnya mulai dirasakan oleh masyarakat Malaka. Pasalnya, mulai dari memberikan pelayanan kesehatan gratis, cukup dengan memiliki KTP-e alamat Malaka, menjalin kerjasama denga RSUD Atambua agar pasien rujukan dari Malaka, biaya pengobatannya ditanggung oleh Pemkab Malaka. Selain itu, saat ini sedang dilakukan penjajakan dengan RSUD Prof. W.Z Johannes untuk melakukan hal yang sama seperti RSUD Atambua. Termasuk memberikan beasiswa untuk melanjutkan studi bagi tenaga medis.

Satu hal yang perlu diberi jempol oleh masyarakat Malaka terhadap Bupati Stef yakni, telah berhasil mendatangkan 7 dokter spesialis untuk bertugas di Rumah Sakit Penyangga Perbatasan (RSPP) Betun untuk melayani kesehatan masyarakat Malaka.

Untuk sementara lima dokter spesialis telah tiba dan sudah mulai bertugas di RSPP Betun yaitu dokter spesialis anak, spesialis bedah, spesialis kandungan, spesialis penyakit dalam dan spesialis anestesi. Sedang dua dokter spesialis lainnya, yaitu dokter spesialis patologi klinik dan radiologi akan segera menyusul.

“Kehadiran para dokter spesialis ini tentunya kita berharap untuk meningkatkan pelayanan di RSPP Betun. Jika dahulu pasien terpaksa berobat ke Atambua atau ke Kupang karena ketiadaan dokter spesialis di RSPP Betun, maka saat ini masyarakat Malaka bisa mendapatkan pelayanan dari dokter spesialis di RSPP Betun,” ujar Bupati Stef kepada wartawan saat mengikuti acara pemberkatan 17 mobil ambulans, 6 Tangki air, dua unit mobil dokter spesialis dan satu unit mobil operasional BPBD kabupaten Malaka di Haitimuk Sabtu (11/11).

Bupati Stef mengatakan, pada tahun anggaran 2017 Pemkab Malaka melalui Dinas Kesehatan melakukan pengadaan 31 mobil ambulans. 17 mobil ambulans diantaranya, telah tiba di Malaka dan 14 lainnya akan menyusul. Karena itu kata Bupati Stefanus, sebelum fasiltas itu digunakan, bersama para sopir terlebih dahulu diberkati agar dalam melayani masyarakat senantiasa dilindungi oleh Yang Maha Kuasa.

Mobil ambulans tersebut selanjutnya akan didistribusikan ke-14 puskesmas di kabupaten Malaka untuk menunjang pelayanan di Puskesmas.

Meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas dan RSPP Betun menurut Bupati Stef, bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat Malaka saat datang berobat ke fasilitas kesehatan dan pengadaan mobil operasional untuk dokter spesialis merupakan strategi Pemkab Malaka untuk menarik para dokter spesialis datang ke Malaka.

“Keberadaan mobil operasional untuk dokter spesialis tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk para dokter spesialis agar mau datang dan berkarya di Kabupaten Malaka. Oleh sebab itu, kita beli dahulu mobilnya baru ajak dokter spesialisnya datang. Sehingga begitu datang, fasilitasnya sudah ada,” ujarnya.

Keberhasilan Pemkab Malaka mendatangkan tujuh dokter spesialis di RSPP Betun mendapat apresiasi dari Jetua DPRD Malaka Adrianus Bria Seran. Dirinya yakin dengan keberadaan dokter spesialis di RSPP Betun akan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Malaka.

“Memang sudah lama masyarakat Malaka merindukan kehadiran dokter spesialis di RSPP Betun. Dengan keberadaan dokter spesialis itu maka masyarakat Malaka tidak perlu lagi mencari dokter spesialis sampai ke Atambua atau ke Kupang,” ujarnya.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka P. Frida Fahik  menuturkan, pihaknya menyampaikan terima kasih pada Bupati Stef yang telah memberi perhatian secara serius di bidang kesehatan mulai dari Puskemas hingga RSPP Betun dengan ditunjangnya fasilitas kesehatan baik sarana dan prasarana maupun ketersedian tenaga medis.

Frida Fahik menjelaskan dengan kehadiran sejumlah mobil ambulans itu tentunya akan meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas yang berdampak pada peningkatan kepuasan masyarakat saat berobat ke puskesmas.(kr13/opi)

Click to comment

Most Popular

To Top