Sebelum Dipakai, Mobdin Diberkati – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Sebelum Dipakai, Mobdin Diberkati

BERKAT MOBDIN : Deken Malaka Romo Edmundus Sako saat memberkati 17 mobil ambulans, 6 tangki air bersih, 2 mobil dokter ahli dan 1 mobil operasional BPBD Malaka di lapangan Haitimuk Sabtu (11/11).

IST

17 Mobil Puskesmas dan 6 Mobil Tangki Air

BETUN, TIMEX-Pater Deken Malaka Romo Edmundo Sako kembali memberkati fasilitas kendaraan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka sebelum diserahkan dan dipakai sebagai kendaraan operasional melayani masyarakat Malaka. Kendaraan yang diberkat tersebut terdiri atas 17 unit mobil Puskesmas, 6 unit mobil tangki air, 2 unit mobil bagi dokter ahli dan 1 mobil operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malaka.

Acara pemberkatan fasilitas milik Pemkab Malaka oleh Deken Malaka, Romo Edmundus Sako dan Pastor Paroki Besikama, Romo Pius Nahak yang dihadiri oleh Bupati Malaka Stefanus Bria Seran dan para pimpinan OPD lingkup Pemkab Malaka itu berlangsung di lapangan Haitimuk, Kecamatan Weliman pada Sabtu (11/11).

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran di sela-sela acara pemberkatan mengatakan semua fasilitas milik pemkab Malaka sebelum digunakan untuk operasional perlu diberkati oleh pastor terlebih dahulu agar dalam pemanfaatannya dapat berfungsi dengan baik guna melayani masyarakat.

Dari 17 mobil Puskesmas akan digunakan untuk peningkatan pelayanan kesehatan di berbagai
Puskesmas yang menyebar di Kabupaten Malaka. Termasuk mobil tangki air bersih dan mobil operasional bagi dokter ahli serta mobil operasional bagi Penanggulangan Bencana.

“Hari ini kita berkati lagi 17 Mobil Ambulance dari 31 mobil ambulance yang diadakan melalui APBD 2017, 2 mobil bagi dokter ahli dan 1 mobil operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malaka serta 6 mobil tangki air yang siap diserahkan kepada enam kecamatan yang membutuhkan
pelayanan air bersih,” ujar Bupati Stef.

Bupati Stef menjelaskan, pengadaan mobil tangki air itu guna melayani daerah yang benar-benar mengalami kesulitan air bersih. Daerah atau kecamatan yang mengalami kesulitan air bersih akan mendapat alokasi mobil tangki seperti ke Kecamatan Malaka Tengah, Io Kufeu, Laenmanen, Sasitamean, Kobalima Timur dan Malaka Timur.

“Pemerintah akan droping mobil bersama sopir dan dana operasional yang langsung dikelola oleh camat,” pintanya.
Menurutnya, pelayanan air bersih bagi masyarkat dengan menggunakan mobil tangki, hanya bersifat sementara karena pemerintah akan tetap mencari solusi penanganan air bersih

berupa pipanisasi dengan memanfaatkan potensi air di masing-masing wilayah dan bor sumur dangkal pada daerah yang berpotensi memiliki sumber air tanah yang bisa dibor dan pembuatan embung guna menampung air hujan.

“Mobil tangki air itu dimanfaatkan untuk melayani kecamatan dan desa yang masih kesulitan air bersih sambil kita mencarikan solusi permanen bagi masyarakat,” terang bupati Stef.(kr13/opi)

Click to comment

Most Popular

To Top