Jadikan Ilmu dan Teknologi untuk Membangun Bangsa – Timor Express

Timor Express

PENDIDIKAN

Jadikan Ilmu dan Teknologi untuk Membangun Bangsa

BERSAMA. Ketua STIKOM Uyelindo Kupang Marinus I.J. Lamabelawa, S.Kom, M.Cs, (keenam dari kanan) dan Ketua Yayasan Uyelewun Indonesia, Tarsisius Tukang, SE. M.Pd (ketiga dari kanan) pose bersama para tamu undangan serta para wisudawan, Kamis (16/11) di Restaurant Timor Raya Kupang.

IMRAN LIARIAN/TIMEX

STIKOM Uyelindo Lepas 230 Wisudawan

KUPANG, TIMEX-STIKOM Uyelindo Kupang melaksanakan wisuda ke-17, Kamis (16/11) bertempat di Restoran Timor Raya Kupang. Kepada 230 wisudawan diharapkan dapat menerapkan ilmu dan teknologi yang dikuasai untuk membangun bangsa.

Pesan ini disampaikan Ketua STIKOM Uyelindo Kupang, Marinus I.J. Lamabelawa, S.Kom,M.Cs dalam pidatonya. Dirinya mengatakan, lulusan STIKOM Uyelindo Kupang telah dibekali dengan ilmu dan penguasaan teknologi sesuai keahlian masing-masing. Karena itu, dirinya yakin lulusan yang dihasilkan lembaga pendidikan yang diimpinnya itu akan memberi kontribusi bagi pembangunan bangsa dan daerah NTT khususnya.

Ia menjelaskan, 230 wisudawan itu terdiri dari 6 Ahli Madya Komputer dari Prodi Teknik Informatika Diploma III. Sedangkan 224 lulusan Sarjana Komputer terdiri dari 75 Prodi Sistem Informasi dan 149 Prodi Teknik Informatika S1.

Dengan demikian lulusan yang telah dihasilkan STIKOM Uyelindo Kupang sebanyak 2.376 alumni. Menurutnya, hal ini merupakan buah dari Tridharma Perguruan Tinggi. “Kami yakin dalam perjalanan waktu, nilai dan potensi akan terurai menjadi keberhasilan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan Marinus, STIKOM Uyelindo Kupang saat ini telah memasuki Renstra ketiga dalam meraih visinya menjadi perguruan tinggi yang unggul, terbaik, terdepan, berkarakter dan berdaya saing pada tahun 2030. Di samping itu, orang-orang hebat yang dibanggakan yang telah menjadi sarjanawan memiliki andil besar yang mana menjadi agen pembangunan untuk mencapai cita-cita luhur bangsa dan negara.

“Oleh sebab itu hadirlah di tengah masyarakat yang merupakan bagian dari entitas generasi millennial yang bijak, kritis, konstruktif dan kreatif. Ubahlah mindset anda dari job seeker menjadi job creator,” ajak Marinus.

Ketua STIKOM Uyelindo Kupang juga memberi motivasi kepada wisudawan untuk terus berjuang menggapai cita-cita. “Jadilah seperti menara api yang selalu bercahaya terang di tengah masyarakat yang masih gelap akan teknologi IT. Teruslah belajar, jadilah seperti menara air yang terus mengalir menghapus dahaga di kala masyarakat haus akan ilmu pengetahuan,” pesannya.

Marinus juga meminta lulusan untuk bangkit dan bergegas menyambut globalisasi dengan jiwa satria. “Jadikan ilmu dan teknologi sebagai kekuatan membangun bangsa. Dan jadikanlah STIKOM Uyelindo harum semerbak di seluruh nusantara,” kata Marinus.

Koordinator Kopertis Wilayah VIII, yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Kelembagaan A.A Gede Agung Suptayana mengatakan, STIKOM Uyelindeo Kupang tidak saja dikaitkan dengan kesempatan kerja dan kesejahteraan ekonomi. Tetapi lebih jauh lagi yakni dalam pembentukan sistem nilai kejujuran, kebenaran, kepedulian terhadap sesama dan kebersamaan.

Ditegaskan, wisuda ini merupakan suatu fase kehidupan yang lebih berwawasan akademik yang harus ditunjukan dalam pemikiran dan tindakan yang profesional dan lebih maju. “Upacara wisuda jangan dilihat sebagai seremonial semata melainkan sebagai tanggung jawab memelihara nama baik citra almamater,” ungkapnya.

Sementara itu sambutan Ketua Yayasan Uyelewun Indonesia, Tarsisius Tukang, SE, M.Pd mengatakan, momentum hari ini merupakan usia STIKOM ke-17. Tentunya usia relatif muda namun ingin membangun bangsa yang cerdas dan berkarakter. “Seseorang dilahirkan bukan untuk gagal tetapi dilahirkan untuk sukses. Oleh karena itu tunjukkan karya nyata,” sebutnya.

Ditambahkan, STIKOM Uyelindo selalu berkembang maju sehingga bukan hanya melahirkan sarjana tetapi mensarjanakan. “Jadilah pembawa kegembiraan terutama bagi orang tua dan masyarakat,” harapnya. Selain itu, diharapkan ada dukungan dari pemerintah demi kemajuan perguruan tinggi swasta.

Gubenur NTT melalui Karo Kesra Setda NTT, Bartol Badar, SH, M.M mengatakan, para wisudawan masih akan menghadapi tantangan ke depan. Oleh sebab itu, dirinya memberi pesan untuk tetap belajar dan berjuang. Karena hanya orang-orang unggul yang mampu melewati tantangan dalam meraih kesuksesan ke depan.

“Selamat datang para wisudawan dan wisudawati di kampus yang sesungguhnya adalah kampus masyarakat. Pemerintah sangat yakin dengan modal yang kuat berkat kemampuan yang dimiliki,” ucapnya.

Sementara itu perwakilan wisudawan, Fransiska Natonis, S.Kom mengatakan, hanya doa yang bisa dipanjatkan kepada keluarga besar STIKOM Uyelindo Kupang. Selain itu, ungkapan terima kasih kepada orang tua yang telah berjuang tanpa mengenal lelah dan tanpa meminta balasan hanya untuk anaknya meraih gelar Sarjana. “Kepada para wisudawan dan wisudawati dalam memaknai wisuda ini merupakan wadah baru untuk mulai berjuang dalam persaingan dunia kerja dan era globalisasi,” tuturnya. (mg22/ito)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!