Panwascam Diminta Kerja Profesional – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Panwascam Diminta Kerja Profesional

KUPANG, TIMEX – Panwaslu Kota Kupang melantik para anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) se-Kota Kupang dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTT tahun 2018, pemilihan legislatif serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2018. Pelantikan berlangsung di Elmylia Hotel, Selasa.

Total anggota Panwascam yang dilantik sebanyak 18 orang dari enam kecamatan di Kota Kupang. Satu kecamatan berjumlah tiga orang.

Ketua Panwaslu Kota Kupang, Julianus J. P. Nomleni mengatakan Panwascam merupakan lembaga pengawas pemilu. Bukan sebagai perantara penyelenggara pemilih tetapi sebagai pengemban tanggung jawab atas tahapan dan hasil pemilu.

Ia menjelaskan, tugas panwas adalah mengawasi tahapan-tahapan pemilu agar sesuai dengan amanah Undang-undang. Juga sebagai faktor penting menjaga asas pemilu agar terselenggaranya pemilu yang adil dan konsisten. “Panwascam diharapkan dapat bekerja secara profesional, adil dan tidak terkait dengan kepentingan politik,” harapnya.

Ia menambahkan, setiap kecamatan akan dibantu oleh dua tenaga ASN. Panwascam juga dapat menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di kecamatan guna memperlancar tugas dan peran panwas di kecamatan.

“Bersama rakyat kita awasi pemilu, bersama Bawaslu kita tegakkan aturan pemilu,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man dalam sambutannya mengatakan pemilu bagi masyarakat bukan hal baru. Pemilu pasti diselenggarakan setiap lima tahun, baik pemilu Wali Kota, Presiden maupun pemilihan lainnya.
Ia menjelaskan, yang terpenting bagi petugas atau anggota Panwascam adalah jujur.

Dijelaskan, tujuan otonomi daerah adalah mewujudkan kesejahteraan rakyat. Dan pemerintah berjuang untuk mewujudkannya. Berikutnya yaitu mewujudkan politik lokal, yaitu dengan mengajak semua masyarakat ikut berpartisipasi dalam pemilu. Pemilu harus dapat berjalan lancar sesuai dengan Undang-undang. “Yang berikut adalah mari kita semua bersama-sama menjaga integritas, yaitu sejajarnya iman dan perbuatan,” katanya.

Ia mengungkapkan, Panwascam sebagai bagian dari sendi demokrasi, karena itu sebagai panwascam harus menjaga integritas dan kejujuran untuk menegakkan aturan pemilu. (mg25/sam)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!