Miskomunikasi, Dana Pilkada TTS Belum Cair – Timor Express

Timor Express

RAKYAT TIMOR

Miskomunikasi, Dana Pilkada TTS Belum Cair

Ayub Magang

SOE, TIMEX – Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten TTS telah dilaksanakan, namun hingga saat ini, dana pilkada sebesar Rp 35 miliar lebih belum dicairkan. Hal ini terjadi akibat miskomunikasi antara Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten TTS, Yohanis Laos dan Ketua KPU TTS, Ayub Magang.

Ketua KPU TTS, Ayub Magang ketika dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/11) membenarkan jika dana pilkada TTS belum cair, meski pihaknya telah melaksanakan sejumlah kegiatan pilkada seperti launching pilkada serta perekrutan PPK dan PPS.

Diakui, belum cairnya dana pilkada TTS karena kepala BPKAD meminta kepada KPU TTS untuk mengusulkan pejabat penanggungjawab teknis kegiatan (PPTK) dan bendahara pengeluaran pembantu, agar BPKAD menerbitkan SK.

Permintaan kepala BPKAD dinilai menyalahi aturan pengelolaan keuangan negara yang bersumber dari APBN, karena dalam PMK Nomor: 252/2014 dan PMK Nomor 89/2016 mengatakan, ketua KPU ketika dilantik, maka dengan sendirinya menjadi kuasa pengguna anggaran (KPA). Sehingga, ketua KPU memiliki hak mutlak untuk menunjuk dan memberikan SK kepada PPTK dan bendahara pengeluaran pembantu.

“Jadi kalau kami usulkan ke BPKAD untuk menetapkan dan menerbitkan SK, maka itu kami sudah salahi aturan,” ungkap Ayub.

Meski demikian, Ayub berkomitmen untuk tetap berkoordinasi dengan Bupati dan Sekda TTS agar kegiatan pelaksanaan pilkada tetap berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Meski dalam beberapa kali koordinasi antara KPU dan BPKAD TTS, kepala BPKAD TTS sepertinya memaksakan kehendak untuk tetap mengikuti apa yang diinginkannya meski tidak ada rujukan regulasi.

“Beliau (Yohanis Laos, red) bilang kamu buat saja dan bawa datang untuk saya cairkan uang. Kalau tidak mau, ya tunggu kepala BPKAD yang baru, baru cairkan dana pilkada,” kata Ayub mengulangi perkataan kepala BPKAD TTS.

Sementara, Sekda TTS, Marthen Selan saat dikonfirmasi di gedung DPRD TTS mengatakan, persoalan belum cairnya dana pilkada karena terjadi perbedaan persepsi oleh kepala BPKAD, Yohanis Laos. Meski demikian, perbedaan persepsi itu sudah dikoordinasikan dan sudah ada titik temu, sehingga dalam waktu dekat BPKAD akan mengeluarkan SP2D untuk dapat mencairkan anggaran pilkada.

“Memang sebelumnya ada perbedaan persepsi, tapi setelah kami rapat koordinasi tiga kali sudah ada titik terang. Jadi kemungkinan dalam waktu dekat sudah bisa dicairkan,” tandas Marthen. (yop/ays)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!