Temukan Money Politic, Laporkan! – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Temukan Money Politic, Laporkan!

SOSIALISASI. Foto kiri, Juru Bicara KPU Kota Kupang, Daniel Ratu menyerahkan berita acara hasil penelitian administrasi partai politik kepada pimpinan parpol di Sekretariat KPU Kota Kupang, Jumat (17/11)

YOSAFAT ALO/TIMEX

KPU Sosialisasi UU Pemilu

KUPANG, TIMEX – Money politic biasanya marak saat pelaksanaan pemilihan umum. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi NTT, Sisilia Sona memberi warning soal tindakan money politic.

Hal ini disampaikannya dalam acara Sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Acara ini berlangsung di Hotel T-more, Jumat (17/11).

Dalam materinya, Sisilia mengatakan regulasi pemilu yang sifatnya dinamis karena sering terjadi revisi dalam rangka penyempurnaan baik undang-undang maupun peraturan pendukung lainya. Tujuannya penyelenggaraan pemilu di masa yang akan datang lebih berkualitas secara administrasi maupun peningkatan partisipasi masyarakat. “Pemilu bukan alat untuk mendapatkan kekuasaan, tetapi mensejahterakan rakyat,” kata Sisilia.

Ia berharap melalui sosialisasi regulasi, peserta dapat memahami pentingnya peran serta warga negara dalam penyelenggaraan pemilu. Sebab, kata dia, dengan tingginya partisipasi maka akan menghasilkan pemimpin dengan legitimasi yang tinggi pula. Dalam memilih wakil rakyat maupun kepala daerah, masyarakat semakin cerdas memilih dengan mempelajari visi dan misi yang ditawarkan. “Setelah mengikuti kegiatan sosialisasi regulasi peserta lebih peduli untuk menyebarluaskan informasi kepemiluan kepada komunitas maupun jaringan sosial di sekitarnya,” ujarnya.

Masyarakat yang bisa mengikuti pemilu 2019 adalah yang memiliki KTP elektronik atau warga yang sudah terekam datanya. Dan jika ada kecurangan saat pemilhan untuk, masyarakat punya hak untuk ‘mengadili’ mereka. “Terima uangnya, jangan pilih orangnya dan laporkan dia,” katanya.

Ketua KPU Provinsi NTT, Maryanti Luturmas Adoe saat membuka kegiatan tersebut mengatakan sosialisasi ini dimaksudkan untuk penyebarluasan informasi pemilu, khususnya informasi penyelenggaraan pemilu 2019. “Kami juga berharap ada kontrol dari masyarakat untuk kami sebagai penyelenggara. Kami akan bekerja secara profesional, independen dan kami adalah orang-orang yang berintegritas dan kami ingin lembaga kami dipercaya oleh publik,” ungkap Maryanti.
Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Provinsi NTT, pimpinan partai politik (parpol), LSM, jurnalis dan tokoh masyarakat.

KPU Kota Kupang Serahkan Hasil Penelitian Administrasi

Sementara itu, Jumat kemarin, KPU Kota Kupang menyerahkan berita acara hasil penelitian administrasi terhadap berkas 14 partai politik calon peserta Pemilu 2019. Acara ini berlangsung di Kantor KPU Kota Kupang. Hadir pimpinan dari ke-14 parpol tersebut.

Juru Bicara KPU Kota Kupang, Daniel Ratu kepada wartawan mengatakan administrasi dari parpol ini belum lengkap. Oleh karena itu, mereka masih diberi waktu 14 hari untuk melengkapi. “Masih ada masa perbaikan selama 14 hari. Dan kita minta secepatnya untuk lengkapi. Semua persyaratan harus dipenuhi,” kata Daniel Ratu. (*/mg25/sam)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!