Pengumuman Paslon Dibalut Budaya NTT – Timor Express

Timor Express

POLITIK

Pengumuman Paslon Dibalut Budaya NTT

Nelson Matara

JAKARTA, TIMEX-Jelang pengumuman pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur NTT untuk Pilgub 2018 oleh DPP PDIP, berbagai persiapan mulai dilakukan. Ada rencana untuk menampilkan budaya etnik NTT pada momentum yang sudah lama dinantikan publik Flobamora tersebut.

Pengumuman Paslon Pilkada dengan menampilkan budaya etnik nusantara ini sebenarnya hal baru yang perdana diberlakukan DPP PDIP saat pengumuman Paslon untuk Pilgub Bali beberapa waktu lalu.

Ide awal datang dari Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto, dan ternyata sangat didukung penuh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.
Untuk itu, jelang seremoni pengumuman Paslon untuk Pilgub NTT, DPP PDIP telah meminta DPD PDIP Provinsi NTT untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana menampilkan nuansa budaya etnik NTT.

Sekretaris DPD PDIP NTT Nelson Obed Matara yang menerima instruksi DPP tersebut, langsung melakukan berbagai persiapan. Cen Abubakar, anggota Desk Pilkada DPD PDIP NTT juga diminta Nelson ikut membantu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.
“Saya diminta Pak Nelson selaku Sekretaris DPD PDIP Provinsi NTT untuk membantu mempersiapkan suguhan budaya etnik NTT saat pengumuman Paslon Pilgub nanti,” kata Cen yang diwawancarai Timor Express di Jakarta, kemarin petang (5/12).

Menurut dia, yang telah dilakukan adalah mempersiapkan grup tari yang bakal menampilkan tarian etnik NTT.
Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga bakal menghadirkan beberapa maestro Sasando dari Kabupaten Rote Ndao dan Kota Kupang ke acara tersebut.

“Terlepas siapa calon yang ditetapkan nanti, kami hanya menjalankan perintah DPP untuk menampilkan budaya etnik NTT saat acara pengumuman calon. Soal penetapan calon sepenuhnya menjadi kewenangan Ketua Umum,” kata dia.

Cen yang juga Wakil Ketua DPD PDIP Provinsi NTT itu menambahkan, nantinya pengurus DPD dan DPC PDIP se-NTT yang hadir dalam acara pengumuman Paslon tersebut diwajibkan mengenakan busana etnik NTT dengan dominan warna merah.

Sementara itu, informasi lain yang dihimpun koran ini di lingkungan DPP PDIP menyebutkan, pengumuman Paslon Gubernur dan Wagub NTT oleh PDIP bakal dilakukan saat Rakernas yang berlangsung pada 15-17 November. Namun, ada kemungkinan lain pengumuman Paslon dipercepat sebelum pelaksanaan Rakernas.

Seleksi Cagub dan Cawagub NTT dari PDIP juga telah mengerucut pada dua Paslon yakni Marianus Sae-Emelia Julia Nomleni (Marianus-Emi) dan Raymundus Sau Fernandes-Jan Pieter Ate (Ray-Jan). (joo/fmc/ito)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!