Dana Pendidikan Rp 2 Miliar – Timor Express

Timor Express

RAGAM

Dana Pendidikan Rp 2 Miliar

mery kolimon

Sinode GMIT
Masih Siapkan Juknis, Februari Dana Disalurkan

KUPANG, TIMEX – Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) berhasil menggalang dana Rp 2 miliar. Saat ini petunjuk teknis penyaluran masih dipersiapkan.

Dana Rp 2 miliar ini terkumpul melalui kegiatan ‘Mama GMIT Panggil Pulang,’ yang digelar beberapa waktu lalu. Pada malam penggalangan dana di Jakarta, berhasil terkumpul Rp 704 juta. Saat ini yang sudah masuk mencapai Rp 103 juta.

Selanjutnya, acara yang sama dilakukan di GMIT Eden Kisbaki, berhasil terkumpul Rp 1,3 miliar. Saat ini yang sudah masuk sebanyak Rp 1 miliar.

Ketua BP Pendidikan Sinode GMIT, Pdt. Elisa Maplani kepada Timor Express, di ruang kerjanya, Rabu (6/12) mengatakan, untuk menyalurkan dana pendidikan ke sekolah-sekolah GMIT, ada dua hal yang harus dipersiapkan, yaitu petunjuk teknis dan validasi data. “Untuk memvalidasi data, kita akan turunkan tim dalam waktu dekat untuk mengambil data keseluruhan sekolah-sekolah GMIT,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pada Senin (11/12) nanti, BPP Sinode GMIT akan membahas daftar aturan pendidikan disertai pembahasan juknis pengelolaan dana pendidikan. Selanjutnya, pada Februari 2018 tim validasi turun ke sekolah-sekolah untuk mengambil data. Selanjutnya akan dibawa ke sidang tahunan Majelis Sinode. Diperkirakan Februari atau awal Maret 2018 dana sudah bisa disalurkan ke sekolah-sekolah. “Tim yang akan turun ke sekolah-sekolah terdiri dari pendeta dan vikaris serta jemaat yang memiliki kapasitas cukup.

Dan sebelum diterjunkan akan dilakukan pelatihan terlebih dulu guna memberikan pemahaman dalam pengambilan data. Data yang dihimpun dalam dua bentuk yakni elektronik dan bentuk dokumen secara tertulis,” katanya.

Ia menerangkan, tidak semua sekolah GMIT mengalami kemerosotan atau dalam kondisi kritis. Oleh karena itu, perlu dilakukan validasi data lapangan agar dana tersebut disalurkan tepat sasaran.

Menurutnya, yang akan menjadi prioritas untuk dibantu, yakni sekolah dengan kriteria kesejahteraan guru belum terpenuhi, kondisi bangunan yang memprihatinkan dan sarana prasarana penunjang pembelajaran yang belum memadai. Ia berharap, proses pendataan bisa berjalan baik dan lancar hingga dapat dibahas dalam rapat tahunan dan segera disalurkan.

Ketua Majelis Sinode GMIT, Pdt. Dr. Mery Kolimon juga membenarkan bahwa penyaluran dana pendidikan belum dilakukan, karena masih disiapkan juknis. Selanjutya masih dilakukan validasi data lapangan. “Kita hati-hati dalam penyaluran yakni juknis harus mengatur dan melalui analisis agar kelak bisa tepat sasaran dan dengan dana yang ada bisa berdampak pada bidang pendidikan,” katanya. (mg25//sam)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!