Empat Tersangka Peragakan 20 Adegan – Timor Express

Timor Express

HUKUM

Empat Tersangka Peragakan 20 Adegan

TIKAM KORBAN. Tersangka Finto sementara memeragakan bagaimana dirinya menikam korban David Bay di bagian paha kanan yang diperankan oleh peran pengganti disaksikan para tersangka lain saat malam kejadian.

GATRA BANUNAEK/TIMEX

Kerjasama Menghabisi Nyawa David Bay

KUPANG, TIMEX– Guna meyakinkan jaksa peneliti berkas di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Kupang, maka Rabu (6/12) sekira pukul 10.00 Wita bertempat di Jalan Taebenu, RT 06/RW 03, Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, digelar rekontruksi ulang kasus tewasnya David Bay. Empat orang tersangka masing-masing, Mardan Ndun, Novi Kase, Finto dan Ronald melakoni 20 adegan sekaligus. Semua adegan diperankan oleh masing-masing tersangka sesuai keterangan yang sudah diberikan saat pemeriksaan. Sementara korban David Bay dilakoni oleh peran pengganti yakni oleh salah seorang anggota Satreskrim Polres Kupang Kota.

Rekonstruksi itu dimulai dengan kedatangan para tersangka ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Saat tiba di TKP, korban David Bay sudah menunggu karena antara korban dan tersangka Novi Kase sudah memilih tempat tersebut sebagai tempat untuk bertemu. Para tersangka kemudian turun dari sepeda motor dan langsung menganiaya korban dengan cara dipukul hingga berujung pada penikaman terhadap korban yang dilakukan oleh tersangka Finto. Usai menikam korban, para tersangka langsung meninggalkan TKP dengan mengendarai sepeda motor masing-masing. Sementara korban berjalan sempoyongan menuju ke belakang bangunan pabrik tahu/tempe dan tergeletak di tanah hingga ditemukan oleh beberapa orang saksi.

Kapolres Kupang Kota, AKBP Anthon C. Nugroho melalui Kanit Pidum, Ipda Yance Kadiaman kepada Timor Express kemarin menjelaskan, pelaksanaan rekonstruksi tersebut disesuaikan dengan keterangan para tersangka serta keterangan saksi yang sudah di-BAP. “Rekonstruksi ini sebanyak 20 adegan dan dilakoni oleh keempat tersangka. Sementara korban dilakoni oleh peran pengganti. Para saksi juga kita libatkan dalam kegiatan rekonstruksi hari ini (Kemarin, Red),” kata Yance.

Rekonstruksi tersebut, kata dia, untuk meyakinkan jaksa peneliti berkas di Kejari Kota Kupang terkait peran masing-masing tersangka. “Kita gelar rekonstruksi ini untuk memastikan peran masing-masing tersangka saat menganiaya korban David Bay hingga tewas. Secepatnya berkas para tersangka segera kita limpahkan tahap pertama ke Kejari Kota Kupang untuk diteliti,” ungkap Kanid Pidum Satreskrim Polres Kupang Kota.

Terpantau Timor Express kemarin, jalannya rekonstruksi tersebut menjadi perhatian masyarakat sekitar TKP termasuk warga yang melintas di Jalan Taebenu. Akibatnya, ruas jalan Taebenu sempat ditutup beberapa saat sehingga kendaraan tak bisa melintas karena adanya kegiatan rekonstruksi itu. Warga yang hadir dan menyaksikan kegiatan rekonstruksi kemarin hanya bisa tertegun sambil mengungkapkan kata-kata umpatan kepada para tersangka. (gat)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!