Laser Bisa Sebabkan Kecelakaan Pesawat – Timor Express

Timor Express

EKONOMI BISNIS

Laser Bisa Sebabkan Kecelakaan Pesawat

KUPANG, TIMEX-Di tengah mencuatnya kasus penggunaan sabu-sabu oleh oknum pilot maskapai penerbangan Lion Air di Kupang, PT.Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang mengeluhkan adanya ancaman lain terhadap keselamatan pesawat, yakni penyalahgunaan laser.

Kepala Departemen Humas PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang, Kadir Usman menjelaskan, saat ini mulai marak penjualan laser di Kota Kupang. Hal ini menjadi ancaman serius terhadap keselamatan penerbangan di daerah ini. Pasalnya, sinar laser bisa menyebabkan kecelakaan pesawat saat landing atau mendarat.

“Bahaya dari sinar laser tersebut apabila diarahkan kepada pesawat yang akan landing dan mengarah kepada pilot akan menyebabkan penglihatan pilot terganggu dan konsentrasi pilot akan buyar karena dampak dari sinar laser tersebut. Dan akibat yang lebih fatal lagi dengan kondisi cuaca saat ini akan membuat bahaya yang kita tidak inginkan adalah kecelakaan pesawat pada saat akan mendarat,” papar Kadir di Kupang, Rabu (6/12).

Meski belum ada komplain dari pihak maskapai atau para pilot, namun beberapa bulan sebelumnya sudah ada komplain dari beberapa pilot kepada Angkasa Pura I El Tari Kupang. Bahkan pihak Aviation Security (Avsec) dan Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) sudah memberikan pengarahan kepada penjual laser di salah satu titik di Jln.Timor Raya.

Kejadian yang paling dikeluhkan, yakni di akhir 2016 dan awal tahun 2017. Dan, sosialisasi tentang bahaya sinar laser tersebut dilakukan setelah mendapatkan komplain dari pilot. “Sosialisasinya di Bandara El Tari dan beberapa titik di Kota Kupang,” tutup dia.(cel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!